Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaca Film Berharga Mahal Tak Selalu Lebih Teduh

billy - Selasa, 12 April 2011 | 06:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA -
Pertimbangan sebelum memasang kaca film, terutama di kalangan awam, pastinya bakal mempertanyakan produk mana yang paling baik dengan harga paling terjangkau.

Pemahaman ini sangatlah wajar, mengingat harga komponen dan aksesori termasuk kaca film semakin melangit. Namun begitu, pilihan kaca film saat ini sudah sangat beragam, baik dari segi harga maupun kualitas.

Sparta Vs Biasa
Secara umum, kalangan awam hanya paham soal kaca film mobil dari segi warna. "Mereka tahunya warna hitam dan sparta. Dulunya memang sparta merupakan nama salah satu produk kaca film, tapi saat ini sudah tidak ada dan dipakai untuk mengistilahkan jenis kaca film yang mengilap," urai Judi, juragan Nathan Motor di pusat onderdil Dutamas, Fatmawati, Jaksel.

Saat ini di kalangan pedagang, produk kaca film dibagi menjadi dua kategori, Sparta dan biasa. Untuk jenis sparta artinya warna-warna mengilap, sedangkan yang biasa identik dengan kelir hitam atau gelap.

Menurut Himawan Soetanto dari Surya Jaya Motor di sentra onderdil Pondok Cabe, Tangerang, konsumen kaca film lebih dominan memilih warna hitam buat mobilnya. "Mungkin mereka anggap lebih cocok kalau dipasang di mobilnya, sehingga bisa membuat tampilannya lebih mewah," ujar Wawan sapaannya.

Warna-warna jenis sparta atau mengilap dianggap sebagian konsumen sebagai produk kurang berkelas. "Selain mantul kalau siang, kesannya juga agak murahan," timpal Sintha Bavha, pembesut Nissan X-Trail St 2005.

No caption
No credit
No caption

 Kemampuan tolak panas dan tingkat kegelapan (VLT=visibility light), bisa dipastikan dengan alat tester khusus(kiri). Pemasangan kaca film sangat berpengaruh terhadap daya tahan perekat lapisannya(kanan).
Namun tak semua jenis kaca film dengan aksen mengilap itu murahan. Beberapa produk ternama seperti V-Kool yang sohor dengan kualitas high-end, banyak menawarkan varian beraksen memantul itu.

Harga
Bicara soal harga, saat ini tidak bisa lagi dijadikan patokan baku untuk menentukan kualitas sebuah produk. "Dulu memang harga dianggap tidak pernah bohong, tapi sekarang pemahaman itu tidak sepenuhnya benar," jelas Judi

Pasalnya sudah banyak produk kaca film dengan banderol lebih terjangkau, yang menawarkan kualitas cukup baik bahkan hampir mendekati produk high-end.

Alhasil, di pasaran saat ini telah terbentuk pembagian kelas harga. Yaitu kategori low-end, medium dan high-end. Kasta paling bawah (low-end) seperti merek Sunpolar dan Sun Gard, kedua produk ini dibanderol di kisaran Rp 300-350 ribu (full sedan).


 Di pasaran hanya mengenal dua istilah, sparta dan hitam
Kategori medium seperti merek Perfect Gard, Solar Gard dan Spectrum dengan kisaran harga Rp 750 ribu-1,3 juta (full sedan). Sedangkan kelas premium atau high-end bercokol merek seperti V-Kool, Huper optic, 3M dan CPF 1 dengan banderol sekitar Rp 3-5 juta.

Untuk kualitas produk kategori medium, sebenarnya enggak jauh berbeda dengan pilihan di kasta premium. Seperti merek Masterpiece, Perfections, Elite dan Kosai, masing-masing punya setting harga di antara kelas medium dan high-end, sekitar Rp 1-2 jutaan.

Bisa dikatakan punya kualitas hampir sama dengan kaca film kategori high-end, lantaran memiliki kemampuan tolak panas (infrared atau IR) hingga 90% lebih.

"Bahkan ada satu produk asal Korea Selatan, yang bakal masuk dalam waktu dekat, punya kemampuan tolak panas sampai 99%," ungkap Judi.

Terakhir jangan lupakan soal garansi produk. "Sebenarnya kaca film itu juga punya umur pakai, apalagi kalau kondisi iklim tropis seperti di sini (Indonesia), sangat memengaruhi kecepatan umur pakai kaca film. Untuk produk CPF 1 bergaransi sampai 5 tahun pemakaian normal," jelas Dedy Lim, marketing manager PT Jaya Kreasi Indonesia selaku distributor tunggal kaca film CPF 1 di Tanah Air. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa