Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Lebih Dekat Setir Mobil F1 2011, Harganya Sampai Rp 450 Juta!

billy - Sabtu, 2 April 2011 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption


JAKARTA
- Bersamaan dimulainya musim balap jet darat 2011 di Melbourne, Australia (27/3), pembalap merasakan sua­sana baru yang sesungguhnya dalam berlomba.

Terutama pada lay-out setir yang kini tombol fungsinya lebih banyak, menyusul sejumlah perubahan pada fisik mobil sesuai regulasi baru.

Seperti kembali dipakainya sistem pembangkit tenaga kinetik (KERS) dan diperbolehkannya pembalap mengatur sayap belakang mobil.

Tombol yang harus di­tekan pembalap pada setir mobil F1 lebih banyak ketimbang kemudi yang dimiliki pilot pesawat 747.

Lingkar kemudi yang terdiri hanya satu bagian itu dipenuhi instrumen, faktor keselamatan dan teknologgi balap canggih ini, dapat mengontrol mobil secara keseluruhan.

Dibuat dari serat karbon, sebuah setir mobil F1 banderolnya sekitar Rp 450 juta dan dapat dibuka pasang kurang dari 5 detik untuk keadaan darurat.

Setiap tim punya setelan setir berbeda namun pada dasarnya lay-outnya mirip. Seperti tombol untuk batas kecepatan di pit lane, buat radio komunikasi dan sebagainya hingga tombol buat memberi minum pembalap.

Musim ini di setir F1 kembali ada tombol KERS. Ketika tenaga baterai yang dihasilkan dari pengereman sudah terisi penuh, pembalap dapat menekannya untuk mendapatkan tenaga tambahan.

Juga ada tombol yang dapat pengatur sayap belakang. Akibatnya setir dipenuhi banyak tombol yang posisinya rapat diibaratkan seperti tuts piano.

Pembalap Lotus Renault, Nick Heidfeld bilang, tombol-tombol di setir F1 membuat pembalap seperti memainkan piano di kokpit.

"Setiap tahun setir mobil F1 semakin buruk dengan adanya tambahan tombol dan fungsi di setir," ujarnya.

Namun juara dunia 2 kali Fernando Alonso menimpali, harusnya pembalap bisa cepat beradaptasi dengan berbagai situasi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa