Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakar Spesialis Mesin V8 Amerika: One Stop Shop

billy - Selasa, 15 Maret 2011 | 14:10 WIB
No caption
No credit
No caption


JAKARTA
- Bagi Hari Gumilang, pepatah tak kenal maka tak sayang bisa bermakna dalam. Mahasiswa lulusan desain grafis Trisakti ini tak pernah berpikir untuk ‘nyemplung’ di dunia mesin.

Apalagi mesin yang dimaksud adalah small block V8. “Waktu masih kuliah sempat 'terkena' racun dari Ichsan Oesef, mekanik V8 tim Firna-Pro Technic,” kenangnya.

Bahkan sepulang kuliah, Gilang, panggilan akrabnya, kerap mampir ke bengkel di Tanjung Duren, Jakbar untuk membantu proses overhaul mesin V8 'pegangan' Ichsan.

Hal ini terus berlanjut hingga sekarang. Meski tak menangani secara langsung bongkar pasang mesin small block Chevy, Ford atau Chrysler. Tetapi teman atau pelanggan yang perlu komponen V8 Amerika tinggal datang ke rumah dan menunjuk di katalog, parts yang diinginkan.

“Di rumah lebih banyak urusan order barang dan konsultasi, sementara workshop ada di Karawaci, Tangerang,” papar pria yang sedang bangun Chevy Impala 1962 di rumahnya.

Mau bikin mesin stage 1 hingga 3 untuk balap dilayani dengan semangat. Beberapa barang yang ready stock seperti karburator Edelbrock, camshaft Competition-Cams, Crane Cams Hi-6 hingga radiator aluminium Griffin tinggal bayar di tempat.

“Kami di Bruno Garage ingin menangkap passion dari setiap pelanggan agar membangun mesinnya sesuai kebutuhan atau personifikasi performa,” jelas Gilang yang memulai jasa order parts hingga repair V8 sejak 1,5 tahun yang lalu.

Makanya, Bruno Garage sangat terbuka dengan segala sisik melik seputar mesin V8 Amerika. “Maklum, populasi mesin tak sebanyak mesin Jepang jadi segala perencanaan kudu matang agar tak salah bangun atau mubazir,” jelasnya.

Bicara biaya overhaul, maintenance, ordering atau blueprinting tak pernah ada angka patokan pasti mengingat semuanya bermuara ke kurs dolar Amerika.

Bila kurs dolar sedang anjlok, belanja bisa murah. Sebaliknya, bila dolar menguat, harga pun 'terpaksa' menyesuaikan  (mobil.otomotifnet.com)

Bruno Garage: JL.Suluh Keadilan D15 No.13 Puri Indah, Jakarta Barat

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa