Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Miluira, Mobil Listrik Dengan Konsep Retro!

billy - Senin, 13 Desember 2010 | 18:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jepang – Makin seru aja nih kalo ngomongin mobil listrik. Selalu saja ada cara yang digunakan untuk menarik perhatian. Contohnya adalah Motive industries yang menggunakan bio fiber berbahan dasar ganja untuk pembuatan bodi mobil. Nah, kalau yang satu ini sih bahannya biasa aja, tapi desainnya yang enggak biasa, dan diberi nama dengan Miluira.

Desainnya sangat klasik mengikuti mobil tahun 1920, dimana saat itu kendaraan roda empat belum memiliki pintu dan atap. Mobil yang diproduksi oleh Takayanagi ini hanya memiliki kapasitas 1 orang atau single seater. Wah, egois banget yah?

Dari spesifikasinya sih, mobil ini ditujukan untuk kelas city car. Namun mereka lebih memilih untuk menggunakan desain mobil klasik, sesuai dengan kemampuan jelajahnya yang minim dan top speed terbatas. Soalnya Miluira hanya sanggup berjalan paling jauh 35km dengan kecepatan maksimal 60km per jam.


Padahal ni mobil ringan buanget lho! Beratnya cuma 350 kg, kalo pake baterai lithium ion bisa lebih ringan lagi pastinya. Apalagi jarak sumbu roda depan dengan belakang cuma 1.515mm, bikin mobil ini jadi lincah. Terbukti radius putar retro imut ini cuma butuh 4m.
 
Sebagai penggeraknya, Miluira menggunakan 2 motor listrik di kedua roda belakang. Masing-masing mesinnya menghasilkan tenaga maksimal 2,3 dk. Sehingga total tenaga yang bisa dihasilkan 4.6 dk. Sedangkan baterainya menggunakan lead acid sistem yang cara kerjanya mirip aki mobil biasa kapasitasnya 70 Ah.  

Belum jelas maksud Takayanagi menciptakan mobil seperti ini. Pasalnya tidak ada teknologi yang bisa memanjakan pengguna atau menjadi sajian utama pada mobil ini. Mereka hanya menawarkan konsep retro saja.

Padahal mobil ini bakal dibanderol 6.3 juta yen atau sekitar 675 juta rupiah. Apakah ini hanya untuk menggairahkan kembali mobil klasik, dengan konsep ramah lingkungan? Sepertinya memang demikian adanya. Semoga bukan hanya kolektor mobil unik saja yang tertarik! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa