Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisa Minta Kompensasi Kerugian

Editor - Kamis, 28 Oktober 2010 | 15:47 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOMOTIFNET - Dihubungi via telepon selularnya, Selasa (26/10) Sudaryatmo, ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menyebutkan, banjir Senin (25/10) merupakan bukti kegagalan infrastruktur publik Jakarta, dalam hal ini fasilitas jalan dan drainase. “Harus ada pertanggungjawaban dari pemerintah DKI,” katanya.

Bentuknya, ia menjelaskan, pertama pertanggungjawaban politik. Minimal DPRD harus meminta penjelasan pada gubernur soal apa yang terjadi. Jika penjelesannya tidak komprehensif, DPRD harus bikin pansus untuk menginvestigasi penyebab kejadian. Apakah karena drainasenya yang enggak benar atau memang karena curah hujan yang sangat tinggi?

Berikutnya, langkah hukum. “Kejadian semalam menimbulkan kerugian pada masyarakat, dari segi biaya maupun waktu. Misalnya biaya naik taksi, karena angkutan dan kendaraan enggak bergerak, waktu tempuh yang meningkat 2-3 kali lipat.”

Katanya lagi, masyarakat bisa melakukan langkah hukum. Kalau masyarakat bisa merumuskan kerugian secara individu, bisa saja menuntut pemerintah, semacam class action. Menuntut pertanggungjawaban apakah pemerintah daerah (pemda) sudah mengambil langkah maksimal untuk mengatasi banjir dan macet.

“Ini terjadi karena pemda tidak melakukan kewajibannya untuk mengurus infrastruktur. Kegagalan itu harus dipertanggungjawabkan. Secara politik, proses itu bisa diserahkan pada mekanisme politik. Bisa juga dengan meminta kompensasi atas kerugian atas biaya dan nilai waktu akibat banjir dan macet.”

Penulis/Foto: Nawita / Dolok

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa