Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Service Car ATPM, Andalan Siaga 24 Jam

Editor - Kamis, 2 September 2010 | 07:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Menjelang mudik, persiapan kendaraan tentu tak bisa ditunda lagi. Tapi biasanya menjelang liburan panjang, hari kerja suka ikut padat. Nah, biar persiapan tak tertunda-tunda lagi, coba saja panggil beragam service car andalan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) yang siap siaga 24 jam penuh!

Masing-masing service car telah dipersenjatai segala macam tools lengkap, bahkan saking lengkapnya bisa sampai buka bengkel di tengah jalan. Tak sekadar perawatan rutin, seandainya mogok dimanapun tinggal telepon saja nomor hotline yang tersedia, dijamin service car sigap datang.

Sementara sih baru masuk 5 pabrikan, tapi jangan sungkan telepon dealer ya untuk pemilik kendaraan yang ATPM-nya belum ada disini.

No caption
No credit
No caption

Layanan Kencana Hyundai:
08129700019/ 08001821407

Saat ini Hyundai memiliki 11 unit mobil service untuk Jadetabek. Cukup unik, karena barisan penanggulangan kerusakan ini terdiri dari beberapa varian. Mulai Atoz, Avega hingga Arya.

Semuanya memiliki perlengkapan lengkap, namun memang tidak disiapkan untuk membuka bengkel keliling tentunya. Ketika diestimasi perbaikannya memerlukan waktu lebih dari 2 jam, maka akan dipanggilkan mobil derek untuk dibawa ke bengkel resmi.

Tentunya beberapa parts selalu tersedia, seperti sensor-sensor, lantas komponen-komponen lain yang kemungkinan terkena masalah.

No caption
No credit
No caption

Toyota Home Service: 021-500898 / 89898 (ponsel)

Toyota menamakan Toyota Home Service (THS) untuk unit service car-nya. Menggunakan Toyota Avanza, hanya tersedia 2 buah jok di depan, sedang bagian belakang berubah total untuk menampung keperluan tools.

"Sistemnya lebih ke booking service, jadi konsumen tinggal tunggu di rumah sesuai jam yang ditentukan," papar Dwi Ratna, kordinator THS di Toyota Auto 2000 cabang Bekasi.

Kalau memang memerlukan perbaikan berat, langsung disarankan untuk dibawa ke bengkel terdekat. Keuntungan bagi pelanggan Toyota yang memiliki mobil lebih dari 2 buah. Sekali kunjungan servis, THS bisa melayani perawatan hingga 12 mobil dalam sehari.

Walau lebih banyak menangani perawatan rutin, tapi tools yang dibawa cukup lengkap. Bahkan tersedia unit Pusat Layanan Dyna (PLD) yang khusus menangani Toyota Dyna. Tak beda jauh dengan THS, PLD memberikan servis darurat untuk pemakai Toyota Dyna yang mengalami masalah.

No caption
No credit
No caption

Chevy Care
0800-1024389 / 021-88955105 / 5555 (ponsel)

Belum lama diluncurkan, Chevrolet langsung siaga 24 jam dengan 16 unit mobil Chevrolet Care @ Home. Basisnya memakai Chevrolet Colorado bertransmisi manual lansiran terbaru.

"Targetnya tahun ini akan tersedia 38 unit Chevrolet Care @ Home di seluruh Indonesia sesuai jumlah dealer," terang Rico Lianggi, service manager PT. General Motors Autoworld Indonesia (GMAI).

Tools yang dibawa lebih dari 100 jenis, dan sanggup menerima perbaikan sampai turun transmisi. Mulai dari jumper aki, ganti ban kempis sampai penggantian semua jenis oli di kendaraan.

Tersedia tangki eksternal untuk menampung air bersih dan oli bekas pakai. Bahkan kalau menjumper aki customer yang habis setrum memakai aki cadangan yang tersedia di sisi luar boks.

No caption
No credit
No caption

Proton response Team : 0812-1193376

“Untuk sementara kami memiliki satu unit Response Team,” tutur Bagus Prakoso, Workshop Head, Proton Pondok Indah. Jadi untuk Jadetabek mengandalkan satu mobil saja, meski akan ditambah lagi dalam waktu dekat.

Penanganan tetap sama dengan dari merek lain, tetapi ada juga yang sempat dikoordinasikan lewat telepon terlebih dulu. “Misal dari pembicaraan dapat diketahui kerusakan pada sistem rem, maka parts yang dibutuhkan akan dibawa,” tuturnya. Jika tidak, kalau estimasi penanganan lebih dari dua jam akan dibawa ke bengkel.

Kalau untuk kerusakan umum, Response Team dengan Proton Arena itu pun sudah dibekali dengan berbagai alat-alat, termasuk kompresor angin dan bensin cadangan sekalipun.


Mitsubishi Siaga
021-4709999 / 8333 (ponsel Telkomsel & Fren)

Banyak menangani kasus berat alias kendaraan heavy duty macam truk Colt diesel, unit service car Mitsubishi termasuk paling komplit memakai Mitsubishi Colt FE75 yang sudah dipersenjatai locker di gardan belakang. Saking jauhnya trayek yang harus dicapai, tersedia ruang tidur untuk kru yang bertugas.

Jangan sangsi kelengkapan tools yang dibawa, tak sekadar ganti oli atau ban. "Kompresor yang dibawa sanggup memompa ban ukuran truk Fuso," jelas Dikdik Hermawansyah, dealer support department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Tersedia juga alat las listrik, grinder dan mesin bor eletronik.

"Karena punya katrol, kerusakan yang ditangani bisa sampai turun mesin," sambung Dikdik lagi. Tenda sampai cool box hingga lampu neon untuk kerja lengkap tersedia, tinggal buka bengkel aja nih kalau sampai mogok di tengah hutan.

Tapi tenang saja untuk kendaraan kecil masih ada Mitsubishi L300 Home Service Kit. Alat yang tersedia sudah lengkap, hanya saja spesifikasinya lebih mungil.


Penulis/Foto: Rio, Ben / Hyundai, Benny, F.YOsi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa