Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tata Motors Siapkan 2 Mobil Listrik untuk Pasar Eropa

Editor - Senin, 16 Agustus 2010 | 14:34 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Tata Motors, produsen mobil dari India nampaknya tidak mau ketinggalan teknologi. Tata Motors berencana untuk meluncurkan dua kendaraan listrik di Eropa pada Maret 2011. Kedua mobil tersebut adalah Indica Vista bertipe hatchback dan Tata Ace sang mini pick up.

Tata telah memperkenalkan Indica Vista di Geneva Motor Show 2009 dan Tata Ace versi listrik di Zaragosa pada tahun 2008. Sebelumnya Tata Ace adalah pick up kecil dengan kapasitas mesin hanya 700 cc, dengan tenaga 16dk. Versi listrik ini memang ditujukan untuk pengusaha kecil eropa yang mendambakan kendaraan niaga yang ramah lingkungan.

Niat Tata Motors untuk menjual mobil listrik di Eropa merupakan hal yang kontras. Karena produsen ini tidak menjual mobil listrik di tanah airnya sendiri. Ravi Pisharody sebagai presiden divisi kendaraan niaga menyatakan akan sangat sulit untuk menjual mobil listrik di India. Hal ini berhubungan dengan sulitnya membangun sarana infrastruktur seperti stasiun pengisian tenaga tanpa dukungan dari pemerintah.

Hal ini sangat berbanding terbalik ketika Tata berniat menjual mobil listrik di Eropa. Niat ini mendapat dukungan dari pemerintah Inggris memberi $15.7 juta atau Rp. 142 milyar untuk riset mobil listrik Indica Vista. Apalagi saat ini pemerintah Inggris menawarkan  insentif bagi para calon pembeli mobil listrik. Tata akan meluncurkan mobil listrik ini pertama di Inggris lalu ke Norwegia, Denmark dan Swedia.

Sayangnya belum ada informasi mengenai harga kedua mobil tersebut. Sebelumnya Tata telah membuat gebrakan dengan menjual Nano yang mendapat predikat sebagain mobil termurah di dunia. Akankah Tata mengulang kembali kejayaan ini di pasar mobil listrik? Kita tunggu saja!

Penulis : Abed
Foto : Autoblog

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa