Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karena Sabotase Tak Disengaja, Alarm Mobil Lumpuh?

Editor - Selasa, 10 Agustus 2010 | 13:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Banyaknya keluhan pengguna mobil belakangan ini, seputar lumpuhnya fungsi remote control secara mendadak, ikut ditanggapi Gatot S. Dewa Broto, kepala pusat informasi dan humas Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Republik Indonesia.

“Dari pemantauan kami di lapangan, seharusnya tidak ada masalah karena frekuensi pada remote mobil untuk range jarak dekat,” jelas pria yang kantornya juga mengurusi soal ijin frekuensi ini.

Artinya, penurunan mutu frekuensi yang dipancarkan remote ke modul penerima di mobil tak akan terjadi karena range pemakaian tak lebih dari 5 meter.

Namun, pria ramah ini pun tak menyangkal bila gangguan seperti ini mungkin saja terjadi lantaran saking banyaknya pemakai frekuensi dari sesama pemakai remote mobil alias sudah crowded. Waduh!

No caption
No credit
No caption

Arief. Kalau di luar Jakarta seperti BOgor, remote mobilnya berfungsi kembali

Teddy Irawan. Problem kelihatan sepele tapi serius

Kemungkinan tumpang-tindihnya frekuensi remote control mobil, juga dipengaruhi teknologi yang dianut tiap produk. Menurut Indra C. Sebastian dari PT Golden Citra Dinamika, sole agent remote alarm Hunter, kemungkinan terjadinya lumpuh atau macetnya frekuensi remote, lantaran terdapat kesamaan kode frekuensi yang dipakai.

"Kebanyakan produk yang beredar di pasaran punya perbandingan 1:10.000. Artinya dari 10 ribu mobil yang pakai remote, ada satu kemungkinan yang sama kode frekuensinya. Sehingga fungsi remote alarm terganggu," urai Indra.

Kemungkinan lain bisa dipicu dari pemancar jammer RF (Radio Frequency). Fungsi alat ini untuk memblok seluruh pemancar yang memanfaatkan frekuensi radio.

"Hampir semua alat elektronik saat ini mengandalkan frekuensi radio. Seperti remote TV, jaringan GSM dan CDMA, radio komunikasi amatir, Wi-Fi termasuk remote alarm mobil," jelas Bram Sugiharto, penggawang toko Cakra Mas, distributor peralatan radio komunikasi amatir di Glodok Harco, Jakbar yang fasih soal jaringan frekuensi radio amatir ini.

Secara teknis, frekuensi gelombang radio yang dipancarkan remote alarm mobil sangat kecil, lantaran watt-nya juga kecil. Nah jika di sekitarnya terdapat alat jammer atau HT dengan daya lebih besar, otomatis frekuensi gelombang dari remote alarm akan kalah.

Kondisi tersebut secara tak sengaja akan mensabotase fungsi remote alarm mobil. Kalau disengaja gimana ya?

Pembagian pita frekuensi jarak deket
Pita frekuensi Contoh aplikasi
10-150 khz alat bantu dengar
13.553-444.80 mhz sistem alarm mobil dan alat pendeteksi radio
0.51-507 mhz wireless microphone
29.7-30 mhz pengendalian radio jarak jauh untuk aktivitas hobi
170.275-173.675 mhz pengendalian radio jarak jauh dari alay pengangkat berat
72.080-158.325/162.925 mhz wireless modem dan sistem komunikasi data
5150-5350 mhz wireless LAN
10.50-24-25 mhz wireless video transmiter dan aplikasi SRD lain
2.4000-2.4835 ghz bluetooth
76-77 ghz sistem radar jarak pendek

 

Penulis/Foto: Kl:X, Anton / Salim, Dok.Otomotif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa