Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Getar di Honda Bisa Hilang, Tergantung Setting dan Posisi Duduk

billy - Senin, 12 Maret 2012 | 11:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Keluhan para pembalap Repsol Honda pada performa motor RC213V yang mengalami getar berlebih, juga dirasakan oleh tim satelit Honda yaitu LCR Honda. Tapi berbeda dengan tim Repsol Honda, tim LCR Honda malah menemukan setting yang kurang lebih bisa menghilangkan gejala getar berlibih di RC213V.

Stefan Bradl yang jadi pembalapnya pun merasa cukup percaya pada setting yang diberikan oleh tim LCR. Menurut Lucio Cecchinello (bos tim LCR Honda), bahwa posisi gaya balap dan setting suspensi adalah hal yang paling utama menghilangkan getar berlebih di motor tersebut.

“Getar berlebihan tersebut muncul disebabkan oleh karakter ban Bridgestone 2012. Untuk membuat pembalap jadi lebih safety, Bridgestone membuat ban yang kerangkanya lebih lembut dimana pembalap bisa merasakan performa ban lebih baik. Tapi sayang hal itu membuat motor jadi bergetar. Padahal disaat yang sama pembalap butuh stabilitas tinggi,” ujar Cecchinello.

“Kebanyakan dari kita menganggap motor 1000 cc itu harus menggunakan ban dengan karakter seperti dulu. Apalagi masalah ini tidak terjadi saat sesi tes di Brno, Ceko tahun lalu. Setelah saya coba mengutak-atik posisi duduk dan setting suspensi, getar di motor kami tidak dirasa mengganggu oleh Stefan Bradl. Kami tinggal melihat bagaimana performanya di sirkuit lain,” imbuh pria asal Italia itu.

Meski masihbanyak dikeluhkan oleh para pembalap, namun Bridgestone juga tetap melakukan evaluasi dan membuat perbaikan agar kompon ban mereka bisa lebih aman, namun tidak membuat masalah lain seperti getar berlebihan pada motor. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa