Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Adopsi Lampu Hujan F1? Kenapa Tidak!

billy - Rabu, 29 Februari 2012 | 13:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Penempatan lampu hujan di motor MotoGP

Balapan dalam kondisi hujan, memang membuat penglihatan pembalap lebih berkurang. Secara otomatis keamanan pembalap pun berkurang karena jarak pandang tidak jernih. Apalagi pembalap yang berada di belakang pembalap lainnya. Salah satu cara agar tidak terjadi tabrakan antar pembalap saat balapan dalam kondisi hujan, adalah menggunakan lampu LED di bagian belakang seperti di mobil Formula 1.

Meski sudah diaplikasikan di ajang balap Formula 1 sejak lama, namun khusus untuk MotoGP baru akan diaplikasikan mulai tahun 2012. Kabarnya semua pembalap harus menggunakan lampu LED di bagian buritan motor saat kondisi sirkuit basah. Tujuannya untuk memberikan tanda bagi pembalap di belakang tentang jarak antara mereka berdua.


Penempatan lampu hujan di mobil F1

Aplikasi lampu hujan ini sudah mulai terlihat di sesi tes resmi pra musim MotoGP 2012 pada hari kedua Rabu (29/2) siang tadi. Dimana motor Ducati GPZero milik Hector Barbera sudah memasang lampu hujan tersebut. Barbera pun jadi satu-satunya pembalap yang berada di sirkuit meski hujan mengguyur Sepang.

Sayang, kenekatan pembalap asal Spanyol itu membuatnya terjatuh di tikungan 13. Beruntung Barbera tidak mengalami cedera berarti dan kembali ke pit boks dengan kondisi yang baik. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa