Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Terapkan Hand Guard

billy - Senin, 21 November 2011 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Hand Guard atau Brake Lever Protection di ajang balap motor pada dasarnya selalu terlihat di tipe motor penggaruk tanah alias motorcross dan supermoto, karena memiliki setang yang cukup lebar potensi tersangkut di motor lainnya. Seiring waktu berjalan, piranti ini pun menjadi salah satu item di motor MotoGP demi alasan menjaga keamanan pembalap saat terjadi insiden di lintasan.

Cetusan ide membuat hand guard atau brake lever protection di MotoGP ditetapkan karena setang motor kerap masuk ke rantai atau tersangkut di bagian-bagian lainnya pada motor lawan saat insiden senggolan. Hal ini sangat membahayakan. Sebagian besar pembalap papan atas bahkan pernah mengalaminya. Nah, mulai musim 2012, semua kelas harus mengaplikasi pelindung tangan dan rem di setang motor tersebut.

Berbeda dengan tipe motorcross dan supermoto, di MotoGP bentuk tuas pelindungnya lebih mungil. Agar hambatan angin di motor tidak besar. Berikut pernyataan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) yang baru-baru ini dirilis tentang penggunaan hand guard di MotoGP.

“Semua motor harus dilengkapi dengan tuas pelindung pada setang motor. Tujuannya untuk mengurangi imbas buruk insiden senggolan antar motor di MotoGP. Piranti pelindung yang benar juga bisa melindungi body motor dan terlihat jelas dari depan”.

“Piranti ini harus sangat kuat melindungi tangan pembalap. Agar tangan pembalap tidak terjepit pelindung rem jika terjadi benturan keras. Sisi teknisnya diatur penuh oleh direktur teknis MotoGP. Jika sistem pengereman dikaitkan dengan piranti lain pada motor (misalnya slot master rem), manufaktur harus mengkonfirmasikan dengan direktur teknis untuk menghindari disfungsi sistem pengereman. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa