Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Regulasi 1 Mesin di Moto2, Berlanjut Hingga 2014

billy - Jumat, 21 Oktober 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Ketika kelas Moto2 diumumkan jadi pengganti kelas GP 250 cc musim 2010 lalu, rencana awalnya adalah menggunakan regulasi kompetisi terbuka. Dimana tim-tim yang akan berlaga bisa memilih beberapa pemasok mesin selain Honda CBR 600RR, diantaranya Yamaha R6, Suzuki GSX-R600 dan Kawasaki ZX-6R 6, sebagai dapur pacu di motor mereka.

Tapi ternyata hitung-hitungan masalah biaya yang akan dikeluarkan oleh tim dan juga pemasok sasis, justru jadi masalah besar. Di MotoGP Australia (16/10) pekan lalu FIM (Federasi balap motor dunia) kembali menggodok sistem kompetisi terbuka. Hasilnya tetap sama, biaya yang harus dikeluarkan tiap tim jadi bengkak.

Hari ini 20 perwakilan tim yang sudah terdaftar sebagai tim Moto2 musim 2012 akan melakukan pertemuan khusus, dalam membahas regulasi pemasok mesin Moto2 setelah musim 2012. Walau belum ada keputusan dalam hal tersebut, namun rumor di paddock menjelaskan bahwa tim-tim Moto2 sepakat melanjutkan penggunaan mesin modifikasi CBR 600RR.

Bukan hanya tim pengguna mesin saja yang bakal mengeluhkan hal ini, namun juga pemasok sasis di kelas Moto2. Mereka harus membuat 4 sasis pilihan untuk 4 tipe mesin, jika menggunakan kompetisi terbuka. Akibatnya biaya RnD melonjak, sementara belum tentu semua tipe mesin bakal digunakan oleh tim-tim yang berlaga.

Intinya, mengganti regulasi 1 mesin ke kompetisi terbuka akan membuat penggunaan dana tim jadi boros. Jadi wajar jika tim-tim di Moto2 tetap ingin menggunakan regulasi 1 mesin. Lagipula dari sisi kompetisi lebih bagus. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa