Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Stoner Hilang Grip dan Nyaris Jatuh

billy - Senin, 18 Juli 2011 | 10:37 WIB
No caption
No credit
No caption


Menanggapi hasil finish di MotoGP Jerman (17/7) yang baru saja berlangsung beberapa jam lalu, Casey Stoner mengatakan bahwa ia kehilangan grip pada pertengahan balapan dan nyaris terjatuh. Stoner mengalami masalah yang sama dengan di Mugello, yaitu temperatur ban yang tinggi membuat Stoner kesulitan mempertahankan posisinya. Sehingga Jorge Lorenzo pun bisa menyalipnya di lap terakhir.

“Saya memutuskan untuk memimpin balapan lebih awal dan menjauh dari rombongan yang berada di belakang. Namun dipertengahan balap saya seperti kehilangan grip, makanya saya memutuskan agar memperlambat motor untuk menurunkan temperatur ban. Tapi ketika memutuskan untuk mempertahankan posisi kedua, saya merasa kehilangan grip ban lebih banyak dan nyaris jatuh,” kilah Stoner.

Stoner melanjutkan bahwa Jorge Lorenzo memang sangat kuat di akhir balapan dan pantas meraih podium kedua. “Lorenzo memang sangat kuat di tikungan terakhir dan saya tidak bisa berbuat apa-apa lagi,” pasrah Stoner.

Jika melihat perbandingan 5 pembalap terdepan, sepertinya strategi penggunaan ban selama balapan serta gaya mengendara paling berpengaruh di MotoGP Jerman. Kondisi sirkuit yang berkisar 21-29 derajat dengan permukaan abrasif, secara otomatis membuat ban harus bekerja keras saat dipacu dengan ekstrim. Nah Stoner lah yang terlihat sangat menyiksa bannya.

Ia beberapa kali terlihat memaksa ban untuk sliding agar bisa lebih cepat di tikungan. Belum lagi gaya balap defensifnya yang terlalu liar agar tidak disalip oleh Lorenzo, membuat ban motor Stoner mempunyai temperatur yang sangat tinggi. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa