Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Bridgestone Kembali Jadi Perhatian

billy - Sabtu, 16 Juli 2011 | 14:42 WIB
No caption
No credit
No caption

Pemasok ban tunggal untuk ajang MotoGP yaitu Bridgestone, sepertinya harus lebih cepat mengeluarkan tipe ban balap terbaru mereka. Pasalnya ban balap yang dipasok untuk sesi latihan 1 MotoGP Sachsenring Jerman (15/7) kemarin, dituding sebagai biang masalah terjadinya kecelakaan beruntun.

Kecurigaan performa ban yang tidak maksimal, berawal dari analisis kompon ban lunak yang dipasok untuk sesi latihan 1. Ban ini ternyata juga digunakan pada kondisi trek yang lebih panas di Sepang Malaysia pada sesi tes pra musim MotoGP lalu. Dimana kondisi trek berkisar pada 55 derajat, dan kompon ban ini dinyatakan bekerja maksimal.

Namun ketika digunakan pada temperatur trek 15 derajat di sesi latihan 1 sirkuit Sachsenring Jerman kemarin, sebanyak 4 pembalap harus menyicipi aspal sirkuit tersebut. Keempat-empatnya bahkan jatuh di tempat yang sama. Walaupun ada faktor lain yang turut membuat mereka terjatuh, namun konsentrasi utama adalah pada kompon bagian kanan ban depan yang tidak mencapai temperatur maksimal.

Tapi Bridgestone sedikit mengelak dan menjelaskan bahwa ini adalah kompon ban yang sama mereka gunakan pada musim lalu. Sayangnya pihak Bridgestone tidak mempertimbangkan faktor temperatur sirkuit yang kadang-kadang berubah.

Beberapa seri lalu bahkan sudah dikeluhkan oleh Colin Edwards dan beberapa pembalap lainnya. Namun Bridgestone baru bisa mengeluarkan ban lunak tipe terbaru mereka pada MotoGP Laguna Seca Amerika (24/7) mendatang. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa