Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kimi Raikkonen

billy - Selasa, 26 Januari 2010 | 03:32 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Kimi Raikkonen adalah pembalap bertalenta yang memiliki segudang pengalaman di ajang balap selain Formula 1. Dua tahun absen di Formula 1, tidak membuat pembalap bernama asli Kimi-Matias Räikkönen itu jadi pesimis untuk kembali bertarung di F1 2012. Bahkan ia menargetkan kembali meraih hasil tertinggi, meski banyak yang memprediksi performanya tidak akan seperti dulu lagi.

Tidak berbeda dengan pembalap Formula 1 lain yang mengawali karirnya dari ajang balap gokart. Kimi pun mengawali karirnya dari ajang balap tersebut. Ia mendapatkan kesempatan naik ke Formula 1 pada akhir tahun 2000 ketika ia diberikan kesempatan jadi test driver oleh Peter Sauber (pemilik tim Sauber F1). Namun Kimi langsung direkrut sebagai pembalap utama sebelum musim 2001 berjalan.

Awal mula karir Kimi di Formula 1 tidak gampang, ia mendapat protes keras dari Max Mosley sebagai presiden FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) saat itu. Penyebabnya adalah ia tidak memiliki pengalaman yang cukup di balap mobil untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (super license) di F1. Tercatat Kimi hanya 23 kali balapan mobil sebelum ditarik Sauber sebagai test driver di tim mereka.

Nama Kimi pun mulai dikenal sebagai penantang serius untuk titel juara dunia di F1, ketika ia memperkuat tim McLaren sejak tahun 2002 hingga tahun 2006. Setelah pindah ke tim Ferrari tahun 2007 Kimi mewujudkan impiannya jadi peraih titel juara dunia. Namun sayang 2 tahun berikutnya ia hengkang ke ajang World Rally Championship (WRC) selama 2 tahun untuk memberikan tempat bagi Fernando Alonso.

Tapi tahun 2012 ia kembali lagi ke F1 dengan harapan dan semangat baru bersama tim Lotus F1 yang dulunya sebagai tim Renault GP. (otosport.co.id)

Data lengkap Kimi Raikkonen :
-    Nama lengkap : Kimi-Matias Räikkönen
-    Kebangsaan : Finlandia
-    Tempat dan tanggal lahir : Espoo, Finlandia, 17 Oktober 1979
-    Tim saat ini : Lotus F1
-    Nomor mobil : 9
-    Jumlah kemenangan GP : 18
-    Juara dunia GP : 1

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa