Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Suzuka, Jepang

billy - Minggu, 10 Januari 2010 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit ini dibangun oleh Honda di tahun 1962 untuk keperluan test. Didesain oleh orang berkebangsaan Belanda bernama John Hugenholtz. Dirancang agar para pembalap bisa saling menyalip selamabalapan berlangsung.

Salah satu spot terbaik untuk menyalip, adalah tikungan terakhir sebelum memasuki trek lurus yang juga merupakan garis finish. Namun lintasan Suzuka telah diperpendek di tahun 2002, tujuannya untuk meningkatkan keselamatan bagi pembalap.

Sirkuit Suzuka memang merupakan salah satu lintasan balap yang paling banyak menelan korban jiwa. Sebelum renovasi di tahun 2002, Suzuka telah menelan korban 15 orang pembalap. Bahkan di tahun 2003, kembali terjadi insiden yang menyebabkan pembalap MotoGP kebanggaan Jepang, Daijiro Kato menghembuskan nafas terakhir.

Sirkuit ini memiliki panjang 5.807 meter dengan 17 tikungan. Memiliki banyak sekali kombinasi tikungan berkarakter low speed. Lengah sedikit posisi bisa diambil-alih oleh pembalap yang berada di belakang. Banyaknya  insiden yang terjadi di Suzuka menjadi catatan, agar para pembalap tidak gegabah saat berlaga di sirkuit ini.

Michael Schumacher adalah pembalap yang meraup kesuksesan cukup banyak di sirkuit ini. Namun jangan salah, pembalap yang mencetak lap tercepat di sirkuit ini adalah Sebastian Vettel dengan satu menit 30.785 detik.


 Data sirkuit Suzuka, Jepang
 Nama sirkuit  Suzuka Circuit
 Dibuka
 1962
 Mulai digunakan
 1976
 Tanggal balapan
 09 Oktober 2011
 Jumlah lap
 53
 Panjang sirkuit
 5.807 meter
 Jumlah tikungan
 17
 Panjang jarak selama balapan 
 307.471 km
 Rekor lap tercepat
 1:31:540 detik - Kimi Raikkonen, tahun 2005  
 Pemenang tahun 2010
 Sebastian Vettel - Red Bull

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa