Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Monza, Italia

billy - Minggu, 10 Januari 2010 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Bisa dikatakan bahwa sirkuit Monza Italia adalah salah satu sirkuit yang tergolong sesepuhnya trek balap F1. Ini karena sejak pertama kali F1 GP berlangsung, sirkuit ini telah dipakai untuk menyelenggarakan balap jet darat tersebut. Lokasi sirkuitnya berada dekat kota Monza, yang juga markas Tifosi, supporter dari Scuderia Ferrari.

Trek balap ini memiliki panjang lintasan 5.793 meter dengan 11 tikungan. Di sirkuit inilah para pembalap bisa memacu kendaraan mereka sekencang-kencangnya. Karena Monza merupakan sirkuit yang paling minim hambatan.

Untuk menang di sirkuit ini, mobil harus disetting dengan downforce yang rendah. Tujuannya agar lebih kencang untuk bersaing dengan kompetitor. Namun settingan ini membutuhkan skill deselarasi ekstra. Dimana settingan downforce telah dikurangi sehingga mengganggu keseimbangan.

Dengan karakteristik Monza yang seperti ini, berarti pembalap harus pintar-pintar mengatur rem. Terutama sesaat sebelum memasuki tikungan setelah straight line.

Rekor fastest lap sampai saat ini masih dipegang Rubens Barrichello dengan 1 menit 21.046 detik di tahun 2004. Sedangkan juara GP Italia 2010-nya adalah Fernando Alonso dengan mobil Ferrari. Sedikit catatan, Ferrari menang di sirkuit Monza sebanyak 6 kali dalam 10 tahun terakhir.

 Data sirkuit Monza, Italia
 Nama sirkuit  Autodromo di Monza
 Dibuka
 1922
 Mulai digunakan
 1950
 Tanggal balapan
 11 September 2011
 Jumlah lap
 53
 Panjang sirkuit
 5.793 meter
 Jumlah tikungan
 11
 Panjang jarak selama balapan 
 306.720 km
 Rekor lap tercepat
 1:21:046 detik - Rubens Barrichello, tahun 2004  
 Pemenang tahun 2010
 Fernando Alonso - Ferrari

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa