Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Silverstone, Inggris

billy - Minggu, 10 Januari 2010 | 12:17 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit ini terkenal karena menjadi tuan rumah GP Inggris yang dimulai sejak tahun 1950. Tadinya GP Inggris dilaksanakan di tiga sirkuit secara bergantian. yaitu di Silverstone, Aintree dan Brands Hatch. Namun sejak 1987, GP Inggris secara permanen dipindahkan ke Silverstone.

Pemilik sirkuit Silverstone adalah British Racing Drivers' Club (BRDC) yang dipimpin oleh Jackie Stewart. Pada tanggal 30 September 2004, ketua BRDC ini mengatakan Inggris tidak akan mengikuti F1 Gran Prix 2005. Jikapun ada, tidak akan dilangsungkan di Silverstone.

Namun pada 9 Desember di tahun yang sama, pernyataan itu dibatalkan. Itu karena ada kesepakatan baru yang menyatakan Silverstone akan menjadi tuan rumah GP Inggris sampai tahun 2009. Setelah itu GP Inggris akan dipindahkan ke sirkuit Donington Park.

Namun lagi-lagi rencana tersebut batal. Donington Park mengalami kesulitan keuangan dan memperlambat rencana renovasi sirkuit untuk memenuhi persyaratan dari FIA. Ini membuat sirkuit Silverstone mendapat perpanjangan kontrak selama 17 tahun ke depan. Apalagi Sirverstone tampil dengan layout yang baru.

Sekilas info, sirkuit Silverstone merupakan trek tercepat dalam kalender F1. Setiap pembalap dapat melaju kencang di setiap bagian sirkuit. Namun yang menjadi kelemahan adalah, hanya ada sedikit area yang memiliki celah overtaking. Yaitu tikungan lowspeed sehabis straight line. Dimana mobil telah kehilangan banyak tenaga untuk berakselarasi.

Sirkuit ini memiliki beberapa konfigurasi. Seperti Arena Grand Prix Circuit, panjang lintasan 5.901 meter dengan 18 tikungan. Bridge Grand Prix Circuit, panjang 5.141 meter dengan 17 tikungan. Dari 5 konfigurasi, hanya 2 sirkuit ini yang dipakai untuk menyelenggarakan F1. Tahun lalu, konfigurasi yang digunakan adalah Arena Grand Prix Circuit. Sedangkan juaranya adalah Mark Webber.


 Data sirkuit Silverstone Inggris
 Nama sirkuit  Silverstone Circuit
 Dibuka
 1943
 Mulai digunakan
 1950
 Tanggal balapan
 10 Juli 2011
 Jumlah lap
 52
 Panjang sirkuit
 5.901 meter
 Jumlah tikungan
 18
 Panjang jarak selama balapan 
 306.747 km
 Rekor lap tercepat
 1:30:874 detik - Fernando Alonso, tahun 2010  
 Pemenang tahun 2010
 Fernando Alonso - Ferrari

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa