Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Monte Carlo, Monako

billy - Kamis, 7 Januari 2010 | 23:02 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Siapa yang tidak kenal dengan sirkuit Monte Carlo di Monako? Sirkuit ini bahkan sudah ada jauh sebelum Formula 1 sendiri digelar secara resmi pada tahun 1950. Sejak tahun 1929 sirkuit ini telah menggelar berbagai ajang balapan khususnya Monaco GP.

Dan itu terus dilakukan hingga akhirnya Formula 1 resmi digelar pada tahun 1950  silam. Sirkuit ini sejak awal bahkan sudah menggunakan trek dalam kota. Artinya sirkuit jalan raya sudah lama diaplikasikan oleh Monte Carlo, jauh sebelum sirkuit lain mengaplikasikannya.

Banyak cara untuk menonton langsung balapan di F1 Monako. Karena selain dari beberapa grandstand yang disediakan oleh panitia, para pemilik Yacht atau kapal pesiar pribadi, juga lebih beruntung karena bisa menyaksikan balapan dari kapal mereka masing-masing.

Sirkuit ini awalnya hanya memiliki panjang 3.145 meter dengan 14 tikungan. Namun seiring dilakukan beberapa kali modifikasi untuk perhelatan F1 disirkuit jalanan tersebut, sirkuit Monte Carlo sekarang mempnyai 19 tikungan dengan panjang sirkuit 3.340 meter.

Pembalap yang paling sukses di sirkuit ini dengan meraih beberapa kali kemenangan, yaitu Ayrton Senna dengan total kemenangan sebanyak 6 kali, kemudian disusul oleh Michael Schumacher dan Graham Hill, masing-masing dengan lima kemenangan.


 Data sirkuit Monte Carlo, Monako
 Nama sirkuit  Circuit de Monaco
 Dibuka
 1929
 Mulai digunakan
 1950
 Tanggal balapan
 29 Mei 2011
 Jumlah lap
 78
 Panjang sirkuit
 3.340 meter
 Jumlah tikungan
 19
 Panjang jarak selama balapan 
 260.520 km
 Rekor lap tercepat
 1:14:439 detik - Michael Schumacher, tahun 2004  
 Pemenang tahun 2010
 Mark Webber - Red Bull

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa