Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Sepang, Malaysia

billy - Rabu, 6 Januari 2010 | 19:25 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Sepang Malaysia adalah salah satu sirkuit yang cukup sukses menggelar berbagai event balapan. Karena selain F1, dan MotoGP, sirkuit ini juga menggelar berbagai ajang balapan lainnya sebagai bentuk eksistensi Sepang Malaysia dalam menggelar balap kelas Internasional.

Sepang Malaysia sendiri sudah mengaplikasikan layout sirkuit modern, karena desainnya dibuat langsung oleh Hermann Tilke. Sebenarnya sirkuit ini sudah ada sejak tahun 1962. Namun desain awalnya yang diperuntukkan untuk dirt circuit, makanya tidak banyak menghelat balapan.

Baru pada tahun 1968 mulai dilakukan perubahan secara signifikan, sehingga balapan Formula sudah bisa digelar di sirkuit ini. Pada tahun 1999 sirkuit ini pun siap digunakan sebagai ajang balapan pertamanya dengan desain yang baru.

Antara perhelatan F1, MotoGP dan ajang balapan lainnya, tidak ada layout khusus untuk menyesuaikan dengan jenis balapannya. Semua ajang balapan bertaraf internasional menghelat balapan di sirkuit Sepang, tetap menggunakan layout yang seperti itu.

Sirkuit yang memiliki panjang 5.543 meter ini, mempunyai 15 tikungan. Mark Webber menjadi pembalap yang mampu mencetak waktu tercepat di sini, dengan satu menit 37.057 detik. Namun pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di Sepang, adalah Michael Schumacher untuk F1 dan Valentino Rossi untuk MotoGP dengan total 3 kemenangan hingga tahun 2010.

 Data sirkuit Sepang Malaysia
 Nama sirkuit  Sepang International Circuit
 Dibuka
 November 1997
 Mulai digunakan
 Maret 1999
 Tanggal balapan
 10 April 2011
 Jumlah lap
 56
 Panjang sirkuit
 5.543 meter
 Jumlah tikungan
 15
 Panjang jarak selama balapan 
 310.408 km
 Rekor lap tercepat
 1:34:223 detik - Juan Pablo Montoya, tahun 2004  
 Pemenang tahun 2010
 Sebastian Vettel - Red Bull

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa