Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pirelli Uji Coba Resmi Pertama Untuk F1 di Abu Dhabi

billy - Jumat, 19 November 2010 | 14:27 WIB
No caption
No credit
No caption



Foto : Pirelli Tyres S.p.A

OTOMOTIFNET - Setelah beberapa kali melakukan sesi tes privat bersama beberapa mantan pembalap F1, Pirelli yang didaulat untuk mengambil alih posisi sebagai pemasok ban F1 mulai musim 2011 mendatang, akan melaksanakan sesi ujicoba resmi pertama mereka di sirkuit Yas Marina Abu Dhabi mulai hari ini, Jumat (19/11). Sesi tes ini akan diagendakan selama dua hari, dan akan melibatkan 12 tim F1 yang saat ini terdaftar sebagai calon peserta untuk musim 2011 mendatang.

Pirelli sendiri sudah menjalani tes sepanjang 7.000 kilometer di delapan sesi tes sepanjang musim 2010 berlangsung. Tentunya untuk mendapatkan formula tepat yang dibutuhkan oleh mobil F1, tentunya dengan spesifikasi musim 2011. Karena sepanjang sesi tes 7.000 km tersebut masih menggunakan mobil F1 tahun sebelumnya yaitu Toyota TF109, kali ini mereka akan menggunakan mobil 2010.

“Kami menggelar sesi tes ini untuk mengetahui sejauh mana ban Pirelli ini perlu ditingkatkan lagi performanya. Dan sembari menjalani tes ini, kami akan meminta saran dan kritik dari mekanik dan pembalap, tentang penggunaan produk kami. Agar performanya bisa kami tingkatkan, juga agar tim dan pembalap bisa mengeksplorasi kekuatan mobil mereka lebih baik lagi,” papar Paul Hembery, Direktur Motorsport Pirelli.

Pada tes kali ini, 12 tim yang terlibat di dalamnya, hanya boleh menggunakan 8 ban untuk satu mobil. 8 ban tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu ban dengan kompon medium dan kompon lembut. Semuanya bertipe slick alias ban botak. Penggunaannya pun akan dibagi, yaitu 4 ban pada hari pertama dan 4 lagi untuk hari kedua. Pirelli juga sudah menyiapkan 384 unit ban untuk sesi pengetesan kali ini.

Masing-masing tim juga akan diberikan mekanik Pirelli untuk kebutuhan konsultasi masalah teknis pada ban tersebut. Untuk itu Pirelli sudah menyiapkan 30 personil untuk wakil teknisi Pirelli pada setiap tim yang ada.  Setelah tes di Abu Dhabi ini, mereka kembali akan melakukan tes privat di Bahrain pada awal Desember 2010 mendatang. Dan untuk tes resmi bersama tim-tim F1 akan kembali digelar pada Januari 2011 mendatang.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa