Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kumho dan Hankook Siap Gantikan Bridgestone

Editor - Rabu, 24 Februari 2010 | 13:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Foto : McLaren

OTOMOTIFNET - Kontrak Bridgestone sebagai supplayer tunggal ban untuk F1 yang bakal berakhir pada akhir musim 2010 nanti, ternyata hingga kini masih menyisakan tanda tanya. Yaitu siapa yang bakal menggantikan posisinya sebagai supplayer ban di F1. Seiring menguatnya wacana tersebut, Kumho dan Hankook pun diprediksi kuat bakal menggantikan posisi Bridgestone di F1.

Terlepas apakah hal tersebut akan benar terjadi atau tidak, namun kondisi ini membuat semua pihak di F1 jadi gusar. Pasalnya Bridgestone mampu memberikan suplai ban yang memadai dan sesuai dengan harapan mereka saat ini. Dan saat ini semua pihak hanya ingin Bridgestone sebagai penyuplai ban untuk F1.

Namun alasan kuat Bridgestone untuk keluar dari F1 adalah karena membengkaknya biaya operasional supplai ban tiap tahun yaitu sekitar £48 juta poundsterling (sekitar Rp. 696 milyar). Karena tiap pembalap akan menggunakan 11 set ban pada tiap seri, makanya biaya produksi ban juga jadi meningkat.

Banyak yang memprediksikan bahwa Michelin dan Good Year akan kembali jadi supplayer ban di F1, namun belum banyak yang pihak yang mengatakan bahwa Michelin dan Good Year tidak memiliki komitmen untuk kembali ke F1.

Namun tidak bisa disalahkan juga prediksi tentang ban Kumho dan Hankook yang bakal mengambil alih supplayer ban di F1. Pasalnya mereka juga mempunyai trek rekor di ajang Formula yang cukup tinggi.

Katakan saja Kumho yang mulai jadi supplayer ban untuk Formula 3 Eropa sejak tahun 2003 lalu. Tentunya pengalaman mereka di dunia balap Formula 3 Eropa ini menjadi modal besar untuk menjadi salah satu supplayer di ajang Formula 1. Kendati belum ada pengakuan secara resmi dari kedua belah pihak pabrikan ban asal Korea ini.

Yup, semuanya masih bisa terjadi bukan?

Penulis : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa