Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Desain Baut Ban, Pitstop Bisa 3 Detik Saja

Editor - Selasa, 23 Februari 2010 | 11:41 WIB
No caption
No credit
No caption


Foto : Ferrari

OTOMOTIFNET - Regulasi F1 musim 2010 memang telah membuat semua tim berlomba-lomba menciptakan paket yang terbaik pada mobil mereka. Yup, tentu tujuannya jelas untuk meraih kemenangan sebanyak-banyaknya musim 2010.

Dan Ferrari adalah salah satu tim yang tergolong siap menyambut musim ini, karena persiapan mereka sudah dimulai sejak pertengahan tahun lalu.

Selain paket aerodinamika dan penempatan mesin yang dilakukan agak berbeda, hal yang paling terlihat unik adalah pada desain baut ban mobil yang terlihat lonjong.

Alasan untuk membuat desain seperti ini, adalah untuk membuat proses penggantian ban lebih cepat yaitu bisa mencapai waktu 3 detik.

“Karena sistem pengisian bahan bakar dihilangkan, mau tidak mau kami harus mencari cara agar melakukan pitstop untuk mengganti ban bisa lebih cepat. Tentunya waktu yang diperlukan untuk membuka dan memasang baut pada ban harus lebih singkat ketimbang musim sebelumnya. Makanya kami mendesain baut seperti ini,” jelas Nikolas Tombazis desainer tim Ferrari.

Proses cabut dan pasang baut tersebut lebih mudah, karena baut akan membuka secara otomatis ketika alat pencabut bautnya ditempelkan pada baut tersebut. Jadi tidak perlu menekan pemicu agar baut terbuka dari tempatnya.

“Kami telah bekerja sepanjang musim dingin, untuk mempercepat proses buka pasang baut saat pitstop. Dan saya rasa ini cukup efektif, karena para pembalap bisa langsung kembali kelintasan tanpa berlama-lama dalam pitstop, yaitu hanya sekitar 3 detik saja,” jelas Tombazis.

Tentunya ini adalah inovasi yang sangat hebat, karena jika tim bisa melakukan pitstop dengan cepat, maka kemungkinan untuk menjaga jarak dengan kompetitornya juga lebih besar.

Penulis : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa