Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Digeber Gas Pol, Suzuki Titan Tempuh 33,7 KM Tiap Liter Bensin

Editor - Selasa, 18 Mei 2010 | 12:11 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Sebelum melakukan pengetesan 60 jam di sirkuit internasional Sentul, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menggelar lomba irit bahan bakar dengan Suzuki Titan di Yogyakarta, dan tercatat mampu mengkonsumsi bahan bakar 1 liter untuk 76 kilometer.

Saat itu OTOMOTIFNET.com menjadi pemenang dengan berjalan konstan di keceptan 40 km/jam dan kondisi jalan tanpa hambatan. Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya pada kondisi gas pol melaju kencang pada top speed?

Mari kita intip pada saat melakukan pengetesan 60 jam di sirkuit internasional Sentul. “Saya geber terus di top speed yang mencapai 120 km/jam. Mengurangi kecepatan hanya di tikungan ke tiga dan S kecil,” ungkap Harlan Fadillah, salah satu pembalap yang ikutan jadi tester. 

“Dari data transponder (alat penghitung waktu) rata-rata kecepatan pembalap adalah 90 km/jam,” buka Hariadi, 2W Marketing – Service Area Representative yang menjadi coordinator mekanik dan team keeper pada gelaran ini.

“Tiap satu jam ganti pembalap dan tiap satu jam satu pembalap bisa menempuh 27 lap. Bahan bakar hanya diisi 3,3 liter di tanki,” lanjut Hariadi. Mari kita hitung berapa konsumsi bahan bakarnya.

Bila dalam satu jam bisa menempuh 27 lap dan panjang lintasan sirkut Sentul adalah 4,12 kilometer artinya jarak tempuh satu pembalap tiap satu jam adalah 111,24 kilometer.

Tinggal di bagi saja, satu liter bahan bakar yang dipakai Suzuki Titan mampu untuk menempuh jarak hingga 33,7 kilometer dalam kondisi gas pol…!

Penulis/Foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa