Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Burgman Fuel Cell, Skutik Masa Depan Suzuki

Editor - Jumat, 23 Oktober 2009 | 08:17 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2009, Suzuki menghadirkan skutik dengan teknologi baru, yaitu Burgman Fuel Cell. Tentunya teknologi yang diusung Burgman Fuel Cell ini satu step lebih maju dibanding prototype motor bertenaga hydrogen dari Suzuki yang pertama yaitu Crosscage yang diperkenalkan pada TMS 2007 silam.

Perbedaan mendasar dari versi jalan raya yang sudah banyak beredar ada pada pemakaian mesin. Bila versi jalan raya menggunakan mesin bensin konvensional, sedang prototype ini menggunakan bahan bakar hydrogen berpendingin udara yang ringan dan kompak.

Salah satu yang mungkin menjadi masalah ketika mengembangkan mesin berbahan bakar hydrogen adalah membuat tangki atau penampung hydrogen itu sendiri. Dibutuhkan tanki yang kuat yang mampu menahan tingginya tekanan hydrogen.

Untuk itu Suzuki membuat tangki yang mampu menampung hydrogen sampai 70MPa. Tekanan ini merupakan tekanan maksimal yang masih aman untuk kendaraan roda dua. Dan tangkinya sendiri terpasang pada rangka yang kuat untuk keselamatan.

Dalam melakukan pengembangan mesin fuel cell ini, Suzuki tidak bekerja sendirian tapi dibantu oleh perusahaan asal Inggris yaitu Intelligent Energy untuk mengembangkan dan memproduksi fuel cell ini.

Kapan ya masuk Indonesia?

Specifications
Overall length: 2,055mm
Overall width: 740mm
Overall height: 1,360mm
Motor: AC synchronous
Fuel cell: Polymer-electrolyte type (made by Intelligent Energy)
Fuel storage system: High-pressure hydrogen tank (70MPa)
Secondary battery: Lithium-ion

Penulis/Foto: Aant/TMS

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa