Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Mesin Baru, Camry Hybrid Tandai Era Sedan Masa Depan Toyota

Kamis, 5 April 2012 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Toyota baru saja meluncurkan Toyota Camry. Mendengar namanya, sekilas tak ada yang istimewa dengan sedan yang sudah malang melintang di tanah air tersebut. Tapi, Camry terbaru ini punya sesuatu yang penting.

Dengan dicangkok mesin terbaru, berkode 2AR-FXE, Toyota mengklaim Camry akan menjadi penanda sebuah era baru sedan, yang tidak hanya tampil elegan dan mewah, tapi juga efisien dan ramah lingkungan.

Mesin terbaru berkapasitas 2.5 liter VVTi bertenaga 156 PS berpadu apik dengan motor listrik bertenaga 142,7 Ps. Sehingga, total tenaganya mencapai 205 PS. Mesin berkapasitas 2.5 liter ini juga sekaligus mengganti mesin lawas berkapasitas 2.4 liter dan 3.5 liter.

"Tujuan pengembangan Camry kedepannya adalah sebagai mobil yang ramah lingkungan, karenanya kedua mesin lama diganti dengan mesin yang benar-benar baru berkapasitas 2.5 liter. Ditambah dengan sistem hybrid, yang menjadikan sedan ini makin hijau," ujar Michihiko Sato, Kepala Teknis Mesin Toyota Camry.


Ya! Camry terbaru sudah menggendong mesin ganda yang mengusung teknologi Toyota Hybrid Synergy System. Sistem ini mirip dengan yang digunakan pada Toyota Prius, yang mengusung model hybrid seri-paralel, dimana mesin bensin dan motor listrik bekerja saling mendukung.

Toyota mengklaim, dibandingkan dengan mesin lama berkapasitas 3.5 liter, mesin Camry terbaru yang berkapasitas 2.5 liter ini punya kemampuan yang setara, dan bahkan jauh lebih efisien dari mesin generasi sebelumnya.

"Secara performa hampir tidak berbeda dengan mesin berkapasitas 3,5 liter, sementara untuk efisiensi bahan bakarnya, Camry hybrid lebih irit 24 persen dari Camry bermesin konvensional," tambah Sato.

Harapannya, dengan hadirnya Camry hybrid, bakal menegaskan eksistensi Toyota sebagai pelopor era mobil bermesin hybrid di Indonesia. "Kita punya filosofi sederhana, yakni Camry hybrid ini merupakan sedan masa depan Toyota," simpul Sato. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa