Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW Polo Blue GT, Irit BBM Berkat Fleksibilitas Jumlah Silinder

Iday - Selasa, 13 Maret 2012 | 13:03 WIB
VW Polo Blue GT, Irit BBM Berkat Fleksibilitas Jumlah Silinder
VW Polo Blue GT, Irit BBM Berkat Fleksibilitas Jumlah Silinder

Otomotifnet.com - Banyak cara untuk menghadirkan sebuah mobil yang irit BBM sekaligus juga ramah lingkungan. Dan efisiensi bahan bakar bisa dimulai dari efektifitas penggunaan silinder mesin. Seperti yang ditawarkan VW pada Polo Blue GT.  

VW menyampaikan pesan yang unik, sebuah mobil yang dibekali mesin 4 silinder, namun tidak semua kodisi jalan membutuhkan aktifasi semua silinder tersebut. Kalau dua silinder saja sudah cukup untuk membuat mobil berjalan, kenapa harus mengaktifkan semua silindernya? Itu kan pemborosan.

Nah, VW punya teknologi tersebut. Namanya fitur Cylinder Deactivation Technology, fitur ini memungkinkan untuk mengatur penggunaan jumlah silinder pada VW POlo Blue GT, yang dibekali mesin berkapasitas 1.4 liter 4 silinder ini.

Jadi, ketika melaju dalam kecepatan rendah, hanya dua silinder saja yang bekerja, sementara dua sisanya dimatikan secara otomatis. Namun, ketika ingin melaju lebih kencang dan butuh banyak tenaga, keempat silindernya bisa aktif, juga secara otomatis.

Keempat silinder akan kembali bekerja ketika putaran mesin 4.000 RPM. Hasilnya, penelitian yang dilakukan VW, ketika mengemudi pada kecepatan konstan sekitar 50 km/jam, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 1 liter untuk jarak 22 km.

VW memajang Polo Blue GT ini di pameran Geneva Mmotor Show, dan diharapkan kedepannya bisa menjadi mobil yang dipasarkan secara massal. 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa