Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Esemka Harus Belajar pada Kopaja dan Metromini

billy - Jumat, 2 Maret 2012 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kemarin sudah ramai pemberitaan mengenai tidak lulusnya mobil Esemka ketika uji emisi. Meski begitu, Esemka sepertinya tetap ambisius dan terkesan terburu-buru untuk segera diproduksi dan dijual massal.

Apalagi ketika komentar Anggota DPR RI, Roy Suryo yang meminta pemerintah untuk mengeluarkan izin produksi Esemka, meski emisi Esemka belum memenuhi syarat. Padahal, agar tidak kerja dua kali, Esemka lebih bijaksana untuk bersabar.

"Ya itu memang terkesan terburu-buru. Seharusnya Esemka bersabar, bersihkan diri dulu, baru bicara produksi," ujar Ketua bidang Pemasaran dan Komunikasi Asosiasi Industri Otomotif Nusantara (AsiaNusa) Dewa Yuniardi.

Jangan samapai, nantinya Esemka tiba-tiba sudah dijual padahal secara emisi saja belum memenuhi syarat. Sementara di sisi lain, produsen mobil asing sedang gencar-gencarnya mengedepankan isu produk yang ramah lingkungan.

"Jangan sampai itu menjadi senjata makan tuan. Esemka nanti dianggap tidak ramah lingkungan, dan mengganggu kepercayaan masyarakat. Tapi semoga ini ke khawatiran saya saja," ujar Dewa.

Karenanya, menurut Dewa, sudah benar langkah Esemka untuk legowo dan memperbaiki kekurangan dari pengujian kemarin. Terutama masalah seting mesinnya. "Memang mesinnya bisa jalan, tapi kan emisinya? Nah itu yang harus disempurnakan," tegas Dewa.

Dewa menambahkan, jangan sampai Esemka jalan ditempat, karena kalau tidak lulus uji, tidak mungkin dapat plat nomor, dan tidak akan bisa berada di jalan raya. "Percuma kalau bisa diproduksi, bahkan banyak, tapi tidak bisa dijalan raya, kan sia-sia," tambahnya.

Dan satu hal lagi, jangan sampai karena terburu-buru demi mengejar setoran agenda salah satu pihak, Esemka nantinya hanya dianggap seperti Kopaja dan Metromini yang membuat kesal pengendara lain karena emisinya tidak memenuhi standar. Kita sama-sama tidak mau kan? (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa