Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kementerian Perhubungan Klaim Esemka Sudah Layak Jalan

billy - Rabu, 4 Januari 2012 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Tiba-tiba mencuat, membuat banyak pihak yang tidak hanya kagum, tapi juga meragukan kehadiran mobil nasional Esemka. Namun, Kementrian Perhubungan mengklaim Esemka sudah layak jalan, sebagaimana mobil-mobil normal lainnya.

Namun, agar segera mendapatkan sertifikasi laik jalan, Esemka harus melakukan uji tipe dulu, yang dipersilahkan dengan pintu terbuka oleh Kementrian Perhubungan. Sejak tahun 2009 lalu Esemka varian pertama sudah lolos uji kelaikan jalan. Namun, mobil ini masih terganjal di masalah uji emisi gas buang.

"Esemka sudah lolos uji kelaikan, namun masih terganjal Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 4 tahun 2009 tentang ambang batas emisi gas buang yang sudah harus Euro 2," jelas Humas Kemenhub Bambang S Ervan saat dihubungi otomotifnet.com

Dan karena masalah emisi tersebut, Esemka generasi pertama dikembalikan untuk diperbaiki soal kualitas emisi gas buangnya. "Nah, Esemka Rajawali yang digunakan Walikota Solo, Joko Widodo kan mesinnya sudah injeksi, jadi sudah lebih ramah lingkungan," tambah Bambang.

Jadi, tambah Bambang, pihaknya sangat mendukung keberadaan mobil nasional Esemka tersebut, dan tidak lantas langsung meremehkan soal kelayakannya sebagai kendaraan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa