Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lotus Elan, Kenangan Supercar Klasik Seberat 612 kg

billy - Rabu, 21 Desember 2011 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Desember 1966 bertepatan dengan Desember 2012 munculnya mobil lawas Lotus Elan dari Eropa. Bertempat di JI Expo Kemayoran, anda bisa melihat mobil John Player Special (JPS).

Mobil ini dirilis untuk merayakan kemenangan tim Lotus di Kejuaraan Dunia F1 tahun 1972 dan 1973. Mobil ini diklaim Colin Chapman pendiri Lotus, sebagai mobil Eropa irit dan terpusat pada ciri khas bodi yang kecil dan ringan.

Kekuatan struktural dari fiberglass ringan yang terikat pada sasis punggung bertulang baja. Tampilan bermoncong depan panjang semakin mempertajam aksen lampu depan. Ron Hickman Lotus Engineering lah pemrakarsa desainnya.

Mesin ringan kapaitas 1470 cc bertransmisi empat percepatan manual. Menghasilkan kecepatan maksimum sebesar 110 mph dalam 10 s. Sebuah suspensi empat roda dan roda 91 inci membantu percepatan hampir 0,9 g di masanya.

Interior di desain minimalis sepanjang ciptaan pertama Eropa. Kursinya disesuaikan untuk bisa mengatur tinggi rendahnya pedal. Tidak terdapat gagang pintu internal.

Selanjutnya, tipe 47 sebagai mobil balap di kurun waktu 66-70. Mengalami pembaharuan suspensi. Lima percepatan dengan kapasitas 1594 cc. Lebih ringan daripada tipe produksi regular Eroapa.

Seri keduanya mengalami perubahan signifikan di bodi, interior dan sumber tenaga. Fiberglass berpadu dengan baut menjadi tidak kaku. Fender depan menjadi lebih tinggi. Mesin berkapasitas 1565 cc naik dari seri pertama.

Dashboard menggunakan polesan kayu fasia. Kursi dibuat lebih nyaman. Jendela sudah menggunakan sistem elektrik.

Tahun 1971-1975 menelurkan seri ketiga. Lekukan pada body belakang meningkatkan visibilitas. Mesin juga menghasilkan power lebih dari 100 dk. Setelah 9 tahun diproduksi, Lotus Eropa dihentikan pada awal tahun 75 yang sudah mencapai produksi sebanyak 9.000 mobil. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa