Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Masukkan Ertiga ke Indonesia Dalam Bentuk CKD Dari India

Otomotifnet - Kamis, 8 Desember 2011 | 11:02 WIB
Suzuki Masukkan Ertiga ke Indonesia dalam Bentuk CKD
Suzuki Masukkan Ertiga ke Indonesia dalam Bentuk CKD

Suzuki Masukkan Ertiga ke Indonesia dalam Bentuk CKD
Suzuki Masukkan Ertiga ke Indonesia dalam Bentuk CKD
Jakarta – Kabar gembira bagi penggemar MPV dari Suzuki. Pasalnya, divisi Suzuki di India yaitu Maruti Suzuki bersiap untuk mengekspor MPV berjuluk Ertiga ke beberapa negara Asia, termasuk Indonesia dalam bentuk terurai alias CKD (Completely Knocked Down).

Komponen yang dikapalkan secara terurai, termasuk mesin dan transmisi. Tangki, pelek, perangkat rem, suspensi dan steering juga didatangkan dari pabrik Maruti Suzuki di Manesar, India.

“Ada potensi besar dalam mengekspor kendaraan dalam bentuk CKD (terurai) d beberapa pasar Asia, dan kami akan memulai dengan produk Ertiga yang diikuti beberapa model pada tahun depan,” Jelas S. Nakanishi, Managing Director, Maruti Suzuki India.

Ertiga sendiri sempat hadir di Tanah Air dalam bentuk konsep RIII (Ertiga) di ajang IIMS 2010 silam. Dan rencananya, MV tujuh penumpang ini akan dirilis pada ajang Delhi Auto Expo 2012 pada bulan Januari 2012 nanti.

Dibekali pilihan mesin bensin 1.4 liter dan diesel 1.3 liter dari Fiat Multijet. Ertiga pertama kali akan dikapalkan ke Negara Asean, di mana Indonesia diplot sebagai Negara penerima pertama dan diikuti Thailand.

Suzuki menempatkan Ertiga sebagai pesaing dari si kembar Toyota Avanaza dan Daihatsu Xenia. Harga juga dijamin bersaing, berkat mengimpor secara CKD. Karena beban pajak bea masuk ke Indonesia lebih ringan di bawah 10 persen atau lebih mahal dari versi CBU yang sampai 26 persen.

Tentu tawaran harga Ertiga yang kompetitif dengan pesaingnya diharap dapat meningkatkan market share mereka di Asean yang saat ini baru menyentuh angka 9 persen. (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa