Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

C-X16 Concept, Coupe Kecil Penantang Porsche Cayman Dari Jaguar

billy - Senin, 12 September 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Inggris – Pertarungan sportscar kelas small coupe makin menghangat. Pasalnya, Setelah disesaki pemain Jerman seperti Porsche Cayman atau Audi TT, kali ini produsen asal Inggris, Jaguar tak mau kalah dengan menampilkan mobil konsep C-X16 yang disiapkan menggempur kelas tersebut. 

C-X16 nantinya akan diperkenalkan melalui ajang Frankfurt Motor Show 2011, yang baru dimulai pada tanggal 13 September mendatang.

Dari luar, tampang C-X16 memang terlihat agresif. Terlihat dari paduan kap mesin, headlamp, gril hingga kisi-kisi udara pada bumper yang menunjukan kesan garang, namun mewah khas sportscar Inggris. Kesan gagah dipertegas dengan bentuk bodi belakang yang berotot, serta siluet coupe yang aerodinamis.


Jaguar mengklaim C-X16 merupakan mobil dua pintu terkecil mereka sejak kemunculan XK120 pada tahun 1954 silam. Mobil konsep ini berdasar sasis aluminium XK versi pendek. Untuk ukuran sendiri, C-X16 berdimensi panjang 4.445 mm, lebar 2.048 mm dan tinggi 1.297 mm. Sedangkan wheelbase berukuran 2.622 mm.

Tak ingin kedodoran di tampang, Jaguar menyiapkan sistem hybrid sebagai sumber penggeraknya. Sistem ini memadukan mesin bensin V6 3.0-liter supercharged berdaya 380 dk dan motor elektrik berenergi baterai yang dapat menyalurkan tenaga sampai 95 dk.

Kedua sumber penggerak tersebut terintegrasi melalui sistem transmisi otomatis delapan percepatan, yang menyalurkan tenaga ke roda belakang, layaknya mobil sport non hybrid. Asiknya lagi, teknologi Formula 1, Kinetic Energy Recovery System (KERS)juga terpasang pada C-X16 untuk menambah daya saat berakselerasi.

Dengan kemapuan tersebut, Jaguar menyatakan jika mobil berbobot 1.600 kg ini mampu dikebut dari 0 sampai 100 km/jam dalam 4,4 detik saja. Sedangkan meraih kecepatan 80 sampai 120 km/jam cukup 2,1 detik. C-X16 juga diklaim memiliki top speed mencapai 299 km/jam. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa