Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penipuan Lewat Ponsel Bisa Berpotensi Pencurian

Editor - Senin, 5 Juli 2010 | 13:27 WIB
No caption
No credit
No caption


Jangan mudah percaya SMS bernada bombastis

OTOMOTIFNET - Waspada pula jika tiba-tiba Anda ditelpon atau mendapat SMS yang menyatakan, kalau Anda telah memenangkan undian berhadiah tanpa diminta imbalan sepeser pun. Modus penipuan ini belakangan marak di masyarakat, yang berujung pada aksi pencurian kendaraan milik pribadi.

Ciri-ciri pelaku saat mengincar korbannya seperti menanyakan alamat lengkap rumah Anda, kemudian kendaraan yang dimiliki serta anggota keluarga yang masih diam dalam satu rumah.

Informasi yang didapat nantinya akan mereka kembangkan untuk menyambangi kediaman Anda, dan menunggusaat yang tepat buat menggondol mobil atau motor kesayangandari garasi rumah.

Aksi curi-curi informasi tadi juga pernah dialami Agatha M., ibu rumah tangga berdomisili di Jl. Maleo, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang, Banten. Menurut wanita 28 tahun ini, saat itu suaminya sedang bertugas ke luar negeri untuk beberapa minggu.

"Saya di rumah tinggal bersama dua putri, dengan seorang pembantu dan sopir. Saat itu hampir saja rumah saya disatroni maling, tapi beruntung adik suami saya yang kebetulan anggota TNI, mau tinggal beberapa saat untuk memantau kondisi keluarga saya," kenang Agatha.

Antisipasi menghadapi ancaman terselubung ini seperti jangan pernah menggubris isi dari SMS bombastis, dengan membalas SMS bernada berharap atau menantang. Cukup hapus isi SMS tadi dan jangan pernah membalasnya dengan kata-kata apapun.

Jika menerima telepon dari seseorang yang tidak dikenal, dan menyatakan bualan berisi iming-iming undian berhadiah, langkah paling bijak dengan menolak secara halus. Jika tidak bisa dengan sikap lembut, boleh lah sedikit bersikap tegas atau langsung tutup telpon Anda.

Penulis/Foto: Anton / Tigor

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa