Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seperti Harta Karun Dalam Dunia Otomotif

Editor - Kamis, 20 Mei 2010 | 09:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Begitulah komunitas retro Jepang di Medan. Tak banyak diekspos, tapi mulai banyak diperbincangkan. Mulai dari banyaknya mobil-mobil retro Jepang yang sering diboyong dari Medan ke Jakarta, dan malah kini sebaliknya. Mobil-mobil berpelat Jakarta merajai jalanan-jalanan protokol Medan.

“Tidak ada komunitas resmi, hanya sekedar kumpul-kumpul,” kata Fachry Rangkuti, salah satu pentolannya yang membesut Toyota Starlet kotak. Yap, dari sekedar ketemuan setiap malam minggu di kawasan pusat kota Medan, yaitu Merdeka Walk. Sampai bareng-bareng “hunting barang” di pasar-pasar loak.

Uniknya, anggota komunitas yang sering nongkrong di gerai aksesori retro Autoclothive, Ring Road, Medan ini punya rentang umur yang panjang. “Ada yang pereli dan peslalom senior, karyawan, sampai anak kuliah, kayak saya,” kata Muhammad Fauzi yang membesut Corolla DX putih ceper.

Melihat dari populasi mobil yang dibesut anggota-anggotanya, model Corolla DX, dan Toyota Starlet paling banyak unitnya, “Itu karena kebanyakan kita, suka dengan model dan mesin yang mudah didandani,” kata Jipeng, panggilan akrab Muhammad Fauzi. Rata-rata, mobil-mobil anggotanya-pun sudah dimodifikasi baik velg, spoiler, aksesori interior dan mesin.

Dengan mobil yang sudah dimodifikasi, maka anggota komunitas yang berjumlah belasan orang ini pun makin pede membawa mobilnya dipakai jalan untuk harian. “Perkembangan mobil retro Jepang di Medan makin baik, karena makin banyak mobil retro yang didandani dan dirawat, sehingga lebih bernilai dari sebelumnya,” kata Jipeng.

Masalah “harta karun”, menurut mereka, masih cukup banyak di Medan. Hanya perlu kesabaran, dan pergaulan agar mendapatkan mobil yang langka. Soal hunting barang, “Kita biasa cari-cari ke jalan Semarang, jalan Bintang, dan jalan Salak,” bisiknya. Buat panduan, “Jalan Semarang, banyak jual parts baru, untung kalau bisa dapat barang “NOS”, kalau di Bintang dan Salak, tempatnya onderdil bekas dan rekondisi,” katanya lagi.

Maka, janganlah heran, kalau teman-teman di luar kota Medan, sedang mampir kesana. Kamu bakal disuguhi sedan-sedan retro dengan kondisi langka dan juga prima sedang berkeliling kota.

Contact Person:

Fachry Rangkuti (Autoclothive Store)
Jl. Gagak Hitam (Ringroad Setiabudi) no.3, Medan
Tlp. 081370161818

Penulis/Foto : Rendy, Eko

# Klub Anda ingin tampil di OTOMOTIFNET.COM?
# Kirimkan naskah disertai foto, lalu kirim ke email berikut :
dimaspradopo@gramedia-majalah.com
uda@gramedia-majalah.com
zoelis_oto@gramedia-majalah.com

  
*** Ingin berdiskusi tentang klub Anda ? Silahkan klik disini

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa