Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seat Belt Tidak Akan Optimal Bagi Pengendara Berbobot Kurang 40 Kg

Iday - Kamis, 15 April 2010 | 06:58 WIB
Seat Belt Tidak Akan Optimal Bagi Pengendara Berbobot Kurang 40 Kg
Seat Belt Tidak Akan Optimal Bagi Pengendara Berbobot Kurang 40 Kg

OTOMOTIFNET - Berbicara faktor safety saat berkendara dengan mobil, salah satunya adalah wajib mengenakan sabuk pengaman. Namun perlu diketahui, ternyata sabuk pengaman mempunyai batas minimum agar piranti ini bekerja, yaitu berat badan pemakai harus minimal 40 kilogram. Lho kok bisa?

Menurut Taqwa, mekanik Garden Speed yang juga sangat konsen dengan pelatihan safety driving, bobot minimal tadi merupakan settingan umum yang dipakai pada perangkat seat belt pada hampir semua pabrikan mobil. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahuinya.

“Hal yang paling pertama diperhatikan saat memasang sabuk pengaman adalah, penempatannya. Yaitu berada di bawah pusat dan bagian atasnya tidak menempel di leher. Namun selain itu yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah minimum berat badan harus 40 kilogram. Karena jika dibawah itu, sabuk pengaman tidak akan berkerja maksimal,” jelas Taqwa.

Kendati beberapa pabrikan telah melakukan optimalisasi sistem pada sabuk pengaman mobil mereka, namun itu hanya bekerja pada mobil-mobil premium saja. Sementara segmen yang paling banyak penghuninya dan yang paling banyak terjadi kecelakaan adalah mobil-mobil segmen menengah ke bawah.

“Seharusnya dalam manual book mobil, juga diterangkan tentang hal ini, agar semua orang paham tentang cara menjaga keselamatan dengan penggunaan sabuk pengaman. Namun ternyata itu tidak ada, makanya penting untuk mensosialisasikan hal ini untuk mengoptimalkan kerja sabuk pengaman,” papar Taqwa lagi.

Lalu bagaimana solusi yang baik jika membawa anak-anak yang beratnya masih dibawah 40 kg? “Sebenarnya pada setiap mobil di jok kedua terdapat sabuk pengaman permanen yang hanya dililitkan di pinggang saja, seperti di pesawat. Alangkah lebih baiknya jika anak-anak duduk di jok yang dilengkapi sabuk pengaman jenis ini. Karena sistem ikatannya permanen,” pungkas Taqwa kemudian.

Selain itu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan jok bantuan khusus untuk bayi. Dan cara memasangnya dengan cara menghadap kebelakang. Sehingga sistem pengemanan lebih optimal.

Hmm, bagaimana dengan mobil-mobil yang belum dilengkapi dengan sabuk pengaman tipe ini? sepertinya kudu pasang sabuk pengaman sendiri tuh!


Penulis : Uda
Foto : Dok Otomotif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa