Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bayar Bea Balik Nama Di Kalsel-Kalteng Dapat Diskon Bahkan Gratis

Editor - Rabu, 3 Maret 2010 | 15:43 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tanggal 1 Februari sampai 31 Mei 2010, wilayah Kalsel (Kalimantan Selatan) mengadakan program menarik bagi pemilik kendaraan bermotor. Pemda provinsi Kalsel khususnya memberikan diskonan khusus atau bebas bayar bea balik nama (BBN) kepemilikan kendaraan bermotor.

“Untuk mencapai target, berlaku selama 4 bulan ke depan. Tidak rugi, balik nama kendaraan non-DA (nopol Kalsel, red) tetap dikenakan. Justru, membantu masyarakat yang pajak kendaraannya mati. Itu merupakan kebijakan pemerintah daerah otonom,” bilang H. Asrani HM Subeli, staf bagian pendaftaran mutasi BBN Samsat Kalsel.

Program ini untuk mewadahi keperluan seperti ganti nopol, ganti warna, ganti mesin, ubah bentuk, berkas pindahan dari daerah lain yang masuk ke wilayah kerja di Samsat Banjarmasin.

Perda serupa juga tengah dilangsungkan di provinsi Kalimantan Tengah. Dengan rentang waktu Januari sampai 30 Juni 2010. Diskon khusus bea balik nama itu, guna menarik kendaraan bernomor polisi asal luar Kalteng (KH) dengan pemilik yang berdomisili di propinsi Kalteng.

Tak beda jauh dari yang berlangsung di Samsat Kalsel, di Samsat Kalteng juga menggelar program penghapusan denda pada tunggakan pajak kendaraan. Misalkan lima tahun terlambat bayar pajak, dendanya dihapuskan jadi tinggal bayar pajaknya saja.

“Karena antusias peminatnya banyak, maka dibuka kembali. Biasanya pajak bayar sekitar Rp 400 ribu kalau telat, jadi tinggal bayar Rp 100-200 ribu. Wah, enak bener,” bilang H. Anwar Sanusi, salah satu pedagang kendaraan bermotor di Kalimantan Tengah.

Gimana provinsi lain?

Penulis/Foto: Yosio / Yosio

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa