Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jam Tangan Bernuansa Otomotif Jadi Ikon Para Juara

Editor - Jumat, 29 Januari 2010 | 09:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Time keeper dalam ajang sport maupun racing berperan sangat vital. Mengingat waktu merupakan penentu sebuah kemenangan, banyak pabrikan jam tangan label terkenal, yang turut mensponsori kejuaraan sport otomotif seperti MotoGP, Formula 1 (F1), Nascar, dan sebagainya.

BRAND IMAGE
Inspirasi yang mengilhami pabrikan jam tangan tadi, lantaran performa para juara yang identik dengan ketepatan waktu, sangat bermanfaat untuk menaikkan brand image di mata konsumen internasional.

Sebut saja produk jam tangan Casio, yang menjadi partner tim Red Bull Racing di kancah pertarungan F1 Grand Prix. Sang jawara tim, Sebastian Vettel, dijadikan ikon buat salah satu variannya, Edifice.

Versi limited editionnya, Edifice Sebastian Vettel Chronograph, dirilis 24 September 2009 lalu, bersamaan dengan event F1 Grand Prix Singapura. Basic memakai tipe serupa dari Edifice EF-535SP-1AV dan diberi kode EF-535SVSP-1AVDR The New Sebastian Vettel Limited Edition.

Sepintas tampilannya enggak berbeda dengan versi massal. Hanya terdapat ciri pembeda berupa tulisan Vettel di bawah logo Edifice. Tulisan Casio yang sejatinya ada di bawah logo Edifice, bergeser ke bawah disc penunjuk waktu dalam hitungan 24 jam. Selebihnya, fitur enggak beda sama Edifice EF-535SP-1AV.

No caption
No credit
No caption

Tissot versi MotoGP dikemas secara unik dengan cover menyerupai helm balap
No caption
No credit
No caption

Tissot limited edition versi Nascar

"Varian ini (new Sebastian Vettel Limited Edition) resmi masuk ke pasar domestik sejak awal Desember 2009, dengan kuantiti sangat terbatas sekitar 100 unit saja," jelas Cahyo Wibowo, adv. & promotion manager PT Kasindo Graha Kencana, ATPM produk Casio di Tanah Air.

Jam tangan otomotif lain yang sohor di dunia MotoGP seperti Tissot. Produk Swiss ini memang eksis dalam mensponsori gelaran adu kebut kuda besi berkapasitas 800 cc itu.

Tak ayal salah satu joki andal tim Ducati bernomor 69, Nicky Hayden, dijadikan ikon salah satu varian Tissot. Dengan kelir dasar merah sesuai ciri khas tunggangan Ducati, versi limited edition berkode T-Race Nicky Hayden (Tissot ETA G10.211).

Varian ini menganut model chronograph seperti bawaan Vettel Limited Edition EF-535SVSP-1AVDR. T-Race Nicky Hayden yang masuk kategori produk T-Sport dalam katalog resmi Tissot 2009, juga masih mengandalkan baterai untuk menggerakkan seluruh jarum dan penunjuk waktu lainnya.

Menurut Hendra, product manager butik resmi Tissot di Plaza Senayan, Jaksel, tersedia beberapa pilihan jam tangan limited edition versi MotoGP.

No caption
No credit
No caption

Edifice Vettel EF-535SVSP-1AVDR dibanderol Rp 2,5 jutaan
No caption
No credit
No caption

Varian TAG Heuer Carrera dibekali sistem gerak otomatis

"Pilihan lainnya ada yang berwarna hitam, tapi hanya pakai ikon MotoGP saja. Dilengkapi keping-keping bergambar track sirkuit, yang bisa ditempel di penampang belakang jam," urai pria ramah ini.

Tissot juga mengeluarkan versi Nascar bermesin rotor, alias tanpa baterai. Tapi kekurangannya, keakuratan dalam menunjukkan waktu kurang presisi ketimbang versi baterai. Sebab jika tak dipakai 2-3 hari saja, jarum dan penunjuk waktu lainnya akan otomatis mati, sehingga mesti mengatur ulang.

Merek lain Tag Heuer, paling lama bercokol di dunia jam tangan berikon otomotif. Misal dari sebuah gelaran epik yang diawali di tahun 1950 bertajuk The "Carrera Panamericana", yang saat itu sudah banyak menarik minat driver terkemuka, mulai meluncurkan varian sport-nya TAG Heuer Carrera di tahun 1963.

Varian yang mengkombinasikan kesempurnaan sebuah jam tangan pada waktu itu, dengan semangat juang dalam suatu pertandingan olahraga ini, dipersembahkan buat kemenangan Juan Manuel Fangio, pembalap terkenal asal Argentina yang memenangkan grand prix di tahun 1953.

No caption
No credit
No caption

Keping tambahan bergambar peta sirkuit di varian TAG Heuer

Orisinalitas juga ditandakan dengan atribut tandatangan sang juara dunia

Banderolnya memang enggak murah, lantaran tiap produk yang ditawarkan punya nilai jual tinggi bagi pabrikannya. Salah satunya seperti Tissot T-Race Nicky Hayden Limited Edition, di pasaran Indonesia di tawarkan 1.270 dollar Singapura atau sekitar Rp 8,6 jutaan.

Bagaimana soal layanan after sales servicenya? Rata-rata distributor tiap merek menjamin kualitas produknya antara 1-3 tahun, tergantung tipe dan variannya. "Untuk ketersediaan spare part, konsumen Casio bisa langsung pesan ke service center Casio di Jl. Juanda Raya, karena persediaannya kami usahakan ready stock," promosi Cahyo

Penulis/Foto: Anton / Anton, Dok.Otomotif, Istimewa

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa