Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Stiker Fosfor Sebagai GPS Kala Gelap Gulita

Editor - Kamis, 4 Februari 2010 | 17:57 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Stiker fosfor selain kerap digunakan di gedung-gedung untuk penunjuk jalan ketika mati lampu, bisa bermanfaat pula di kendaraan bermotor.

Khususnya saat kendaraan tiba-tiba mogok di tempat yang minim penerangan. Tentunya kita akan kesulitan mencari alat penerangan serta toolkit untuk memeriksa atau memperbaiki penyebab kerusakan. Apalagi kalau enggak hafal letaknya.

Nah, stiker ini sangat membantu sebagai ‘GPS’ mencari benda tersebut. Karena stiker ini mirip jarum jam, angka atau titiknya (umumnya pada jam tangan) menyala dalam kondisi gelap.

Itu karena pada bagian jam tersebut diberi lapisan fosfor. Unsur kimia ini dapat menyimpan cahaya (ketika terkena sinar, baik dari matahari atau pijar lampu) selama beberapa waktu dan memancarkannya saat gelap. Tenarnya efek itu disebut glow in the dark.

Nah, kenapa enggak kita tempel stiker itu di benda-benda di kendaraan Anda. Terlebih yang dianggap penting atau paling dicari saat gelap. Misalnya senter, anak kunci kontak, perkakas, tombol saklar lampu di kabin, pengait untuk menderek mobil dan lokasi penting lainnya.

Sehingga meski gelap, karena stiker memendarkan cahaya, kita jadi tahu posisi barang yang dicari.

Stiker ini banyak dijual di pasaran. Jenisnya pun ada beberapa macam. “Umumnya dibedakan berdasarkan kemampuan memendar cahaya. Ada yang bisa sampai 7,5 jam, 5 jam dan di bawah itu” bilang Jihana, crew Kumala, toko spesialis stiker di kawasan Sawah Besar, Jakpus.

Lazimnya berwarna putih kekuningan dan pijaran cahaya dalam kegelapan mirip hijau Stabilo. Untuk yang nyalanya 7,5 jam dihargai Rp 150 ribu/meter, 5 jam Rp 100-120 ribuan/meter. “Minimum belinya 0,5 meter atau 30 cm,” tukasnya.

Usai Anda beli, tinggal gunting deh sesuai ukuran dan bentuk yang dikehendaki. Boleh berupa garis, bulatan, angka atau huruf. Kemudian tempel pada permukaan benda-benda yang susah dicari ketika gelap gulita.

Penulis/Foto: DiC / F.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa