Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bonhams Lelang Motor Tertua Di Dunia, Mau Ikutan Ngebid?

Editor - Senin, 18 Januari 2010 | 17:13 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bonhams, rumah lelang terbesar ketiga asal Inggris akan melelang sebuah motor yang diklaim sebagai salah satu motor tertua di dunia Hildebrand & Wolfmüller. Motor yang telah berkarat  ini telah berusia 115 tahun.

Hildebrand & Wolfmüller merupakan sepeda motor yang sangat langka dan menjadi incaran para kolektor otomotif dunia. Motor ini dipakai terakhir pada 1930-an.

Motor tua ini adalah salah satu dari hanya 800 buah yang diproduksi diseluruh dunia. Motor yang dibuat di kota Munich, 1895 silam ini merupakan bagian dari sepeda motor generasi pertama dan benda ini merupakan kendaraan pertama yang menerapkan nama "sepeda motor" atau “motorrad” dalam bahasa Jerman.

Motor ini memiliki mesin empat langkah, berkapasitas 1488 cc, twin silinder, berpendingin air dapat menghasilkan 2,5 dk pada 240 rpm dan bisa mencapai kecepatan tertinggi 30 mph. Mesin ini dikembangkan oleh Hildebrand bersaudara, Henry dan Wilhelm. Mereka bermitra dengan Alois Wolfmüller dan mekanik, Hans Geisenhof.

Mesin ini juga dipatenkan pada bulan Januari 1894. Hildebrand & Wolfmüller disambut dengan cukup antusias oleh publik dan rencana-rencana disusun untuk membangun sebuah pabrik di Munich untuk memproduksinya.

Mereka juga memberi lisensi kepada sebuah perusahaan asal Perancis untuk memproduksi motor tersebut dengan merk “La Petrolette”. Sayangnya di awal tahun  1897 pabrikan ini runtuh, baik yang di Jerman maupun di Perancis.

Dikarenakan langka dan bersejarah, juru bicara rumah lelang Bonhams menambahkan. “Benda bersejarah yang luar biasa ini merupakan faktor utama bagi kolektor serius atau museum yang ditujukkan untuk sejarah transportasi dan diperkirakan dapat mencapai harga 40.000 – 60.000 pondsterling."

Harga yang pantas untuk sebuah benda bersejarah.

Penulis : Ilham/AZ
Foto: Bonhams

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa