Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Bridgestone Asimetris Baru di MotoGP Prancis

billy - Kamis, 12 Mei 2011 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Penggunaan ban asimetris tipe keras di MotoGP Estoril Portugal (1/5) lalu merupakan tipe yang sama dengan tahun sebelumnya. Namun untuk MotoGP seri Le Mans di Prancis (15/5), Bridgestone bakal meluncurkan tipe ban asimetris yang baru yaitu dengan tipe kompon lunak.

Detail bannya sendiri akan menawarkan tipe lunak dan ekstra lunak. Tipe sirkuit yang mempunyai alur searah jarum jam, tentunya akan didominasi dengan tikungan ke kanan yaitu 7 tikungan ke kanan dan hanya 4 tikungan ke kiri. Tikugan ke kiri ini yang berpengaruh besar hanya 2 tikungan saja yaitu pada R5 dan R10. Makanya kompon ekstra lunak pada bagian kiri sengaja diberikan yang ekstra lunak agar lebih tepat.

Diluncurkannya tipe asimetris tipe lunak menjelang perhelantan MotoGP Prancis akhir pekan ini, berkaitan erat dengan permukaan trek Le Mans yang cenderung licin dan kondisi cuaca yang rendah. Jadi para pembalap membutuhkan grip ban yang lebih baik agar bisa memaksimalkan performa motornya.

“Kondisi aspal di sirkuit Le Mans khususnya yang digunakan oleh balap MotoGP, memang cukup licin apalagi kondisi cuaca dan temperatur lintasan cenderung rendah. Untuk mengakomodasi kondisi ini, tentunya pembalap membutuhkan tipe ban yang lebih mencengkeram,” jelas Hirohide Hamashima asisten direktur divisi pengembangan ban untuk motorsport.

Walaupun menawarkan tipe kompon asimetris, bukan berarti faktor stabilitas terabaikan. Justru ini adalah perhatian utama pihak Bridgestone. Sehingga mereka para pembalap lebih fokus untuk memaksimalkan performa motor mereka. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa