Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 21:53 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Ricardo Tormo ini dibangun pada tahun 1999 di kota Cheste Provinsi Valencia Spanyol. Memiliki kapasitas 120 ribu penonton dengan 60 ribu tempat duduk. Sirkuit ini sering dipakai tim F1 di musim dingin, karena cuacanya yang tidak terlalu dingin untuk sesi ujicoba.

Trek balap yang satu ini memiliki lintasan yang total panjangnya 4.005 meter. Dengan straight line sepanjang 876 meter. Sedangkan tikungannya ada 11. Dengan lebar hanya 12 meter, sirkuit Valencia tergolong sempit. Apalagi kombinasi tikungannya menghasilkan karakter yang "twisty". Walaupun di beberapa titik ada celah untuk menyalip.

Valencia merupakan trek yang sangat teknikal. Dimana skill pembalap dan performa pacuan yang mumpuni menjadi aspek penting. Kombinasi trek lurus dan tikungan high speed yang memanjakan motor bertenaga besar. Namun sebelum melintasinya, pembalap harus melewati kombinasi tikungan "S" yang berkarakter low speed dan setelahnya masih harus melakukan rolling speed di tikungan besar.

Yang cukup unik dari sirkuit ini, para penonton akan cukup dimanjakan saat menonton pagelaran balapan di sini. Karena hampir setiap sudut, penonton bisa melihat pembalap yang berlaga di sirkuit tersebut. Karena modelnya seperti menonton sepak bola di stadion.

Sirkuit ini akan menjadi tuan rumah MotoGP Valencia sekaligus penutup event MotoGP 2011, karena berada di posisi terakhir. Tahun lalu Lorenzo menempati podium pertama sekaligus mengakhiri musim 2010 dengan prestasi terbaik sepanjang musim.

Belum ada pembalap yang mendominasi kemenangan di sirkuit ini sejak tahun 1999. Pasalnya para pembalap masih saling bergantian mencetak kemenangan di sirkuit tersebut.


 Data sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol
 Nama sirkuit  Circuit de la Comunitat Valenciana, Ricardo Tormo  
 Dibuka
 1999
 Mulai digunakan
 1999
 Tanggal balapan
 06 November 2011
 Panjang sirkuit
 4.005 meter
 Jumlah tikungan
 14
 Rekor lap tercepat
 1:31:002 detik - Valentino Rossi, tahun 2006  
 Pemenang tahun 2010
 Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa