Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Indianapolis Speedway, USA

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 19:31 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Racetrack ini memiliki dua lintasan balap, satu lintasan speedway untuk balap Amerika seperti NASCAR dan IndyCar yang sekaligus mengelilingi venue, dan yang kedua adalah lintasan inner ring. Inner ring ini merupakan lintasan balap klasik yang bisa digunakan untuk balap seperti MotoGP.

Pada 16 Juli 2007, sirkuit ini mengumumkan bahwa Indianapolis akan menjadi tuan rumah MotoGP di tahun 2008. Balapan tersebut tepatnya dilaksanakan pada 14 September 2008. Ini merupakan balap motor pertama yang diselenggarakan di Indianapolis. Sirkuit ini sendiri telah berdiri sejak awal abad ke-20 tepatnya pada bulan Agustus 1909.

Untuk menyelenggarakan MotoGP, layout Indianapolis dirubah dengan total ada 16 tikungan. Yang dimodifikasi adalah bagian sirkuit yang merupakan tikungan speedway yang mulus dirubah menjadi tikungan yang lebih tajam. Panjang lintasannya sendiri mencapai 4.186 meter.

Hal ini dikarenakan sebelumnya Indianapolis digunakan untuk balap F1. Sehingga untuk menyelenggarakan MotoGP, diperlukan sedikit perubahan. Tentu saja agar mendapat persetujuan dari FIM. Namun pagelaran MotoGP yang pertama kali, sedikit terganggu akibat sisa badai Ike. Sehingga hujan dan angin kencang menerpa GP Indianapolis 2008.

Bagaimana dengan perkiraan pemenang? Nampaknya sulit diprediksi, karena sejak pertama kali MotoGP Indianapolis diadakan, juaranya selalu berganti-ganti. Yakni Valentino Rossi di tahun 2008, Jorge Lorenzo di tahun 2009. Dan terakhir Dani Pedrosa menguasai podium tertinggi di 2010.


 Data sirkuit Indianapolis, USA
 Nama sirkuit  Indianapolis Motor Speedway
 Dibuka
 1909
 Mulai digunakan
 2008
 Tanggal balapan
 28 Agustus 2011
 Panjang sirkuit
 4.186 meter
 Jumlah tikungan
 16
 Rekor lap tercepat
 1:39:730 detik - Dani Pedrosa, tahun 2009  
 Pemenang tahun 2010
 Dani Pedrosa - Repsol Honda (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa