Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Brno, Rep Ceko

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 19:04 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit ini tadinya bernama Masaryk, yang diambil dari nama Presiden pertama mereka, Tomáš Masaryk. Namun sepertinya nama tersebut sulit diingat, sehingga diganti menjadi Brno, yang juga merupakan nama kota lokasi sirkuit ini. Yaitu kota Brno, Republik Ceko.

Dibangun pada pertengahan 1980an, dan mulai digunakan pada tahun 1987. Brno,  didesain mengikuti lintasan balap bersejarah Czechoslovakian Grand Prix, yang diselenggarakan tahun 1930. Lintasannya mengikuti alur jalan raya barat Brno dan melewati desa Bosonohy dan Žebětín.

Namun di tahun 1996, Brno mengalami modifikasi. Sehingga saat ini, Brno memiliki lebar 15 meter dengan panjang lintasan 5.403 meter. Terdiri dari 6 tikungan ke kiri, 8 ke kanan dan sebuah straight line sepanjang 636 meter.

Sirkuit ini banyak mendapat pujian dari para pembalap MotoGP. Karakteristiknya yang "flowing" namun dengan banyak kombinasi tikungan, membuka peluang menyalip di setiap tikungan.

Bahkan di kebanyakan kesempatan, pembalap harus mengalah untuk memasuki tikungan dengan baik. Terlebih lagi, untuk memasuki tikungan dengan mulus dibutuhkan skill yang terhitung mumpuni.

Karena sirkuit ini terletak di sekitar hutan. Brno menjadi cukup populer di kalangan pembalap. Terutama karena pemandangannya yang cukup indah dan  hening. Apalagi ditambah deru knalpot yang membuat balap di tengah hutan ini menjadi sensasi tersendiri.

Pembalap tersukses di sirkuit ini, adalah Valentino Rossi dengan mencetak 5 kemenangan. Empat kemenangan di kelas MotoGP, dan sebuah kemenangan di kelas premier 500cc.


 Data sirkuit Brno, Ceko
 Nama sirkuit  Brno Circuit
 Dibuka
 1980
 Mulai digunakan
 1993
 Tanggal balapan
 14 Agustus 2011
 Panjang sirkuit
 5.403 meter
 Jumlah tikungan
 14
 Rekor lap tercepat
 1:56:145 detik - Valentino Rossi, tahun 2009  
 Pemenang tahun 2010
 Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa