Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Laguna Seca, USA

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 18:53 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Laguna Seca merupakan trek balap aspal yang digunakan untuk balap mobil dan juga motor. Didirikan tahun 1957 dekat kota Salinas dan Monterey, California Amerika Serikat. Untuk menggantikan Pebble Beach Road Races yang dianggap terlalu berbahaya untuk balapan.

Pembangunannya menghabiskan dana 1.5 juta US Dollar yang dihimpun dari pebisnis lokal dan perseorangan yang tergabung dalam US Army's Fort Ord. Saat ini Laguna Seca dikelola oleh Departemen Pertamanan Negara Bagian Monterey.

Laguna Seca memiliki panjang 3.610 meter yang memiliki perbedaan elevasi. Dengan straight line sepanjang 966 meter dan 11 tikungan, termasuk "Corkscrew"nya yang terkenal.

Tidak ada satupun pembalap MotoGP yang bisa mendominasi podium pertama sirkuit ini. Mulai dari Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa hingga Jorge Lorenzo secara bergantian menjadi juara di tahun 2007-2010. Hanya Nicky Hayden yang berhasil menguasai trek ini 2 tahun berturut-turut, yaitu di 2005-2006.

Meskipun baru-baru ini tikungan Corkscrew Laguna Seca telah dimodifikasi. Namun trek ini tetap menantang bagi kuda besi MotoGP. Motor harus disetting untuk membelok dengan cepat. Namun harus tetap stabil di tikungan low speed.

Bahkan pembalap harus terbiasa dengan hard breaking selama perlombaan. Karena di beberapa tikungan hanya bisa dilewati dengan kecepatan maksimal 50 km per jam. Terutama di tikungan terakhir sebelum straight. Jelas motor dengan power terbesar tidak menjamin kemenangan disini.


 Data sirkuit Laguna Seca, Amerika
 Nama sirkuit  Mazda Raceway Laguna Seca Circuit
 Dibuka
 1957
 Mulai digunakan
 2005
 Tanggal balapan
 24 Juli 2011
 Panjang sirkuit
 3.610 meter
 Jumlah tikungan
 11
 Rekor lap tercepat
 1:20:700 detik - Casey Stoner, tahun 2008  
 Pemenang tahun 2010
 Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa