Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Sachsenring, Jerman

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 18:22 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit balap Sachsenring terletak di kota Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz di negara bagian Saxony, Jerman. Nama sirkuit ini didapat dari balap jalanan yang dimulai sejak 26 Mei 1927 di kota Hohenstein-Ernstthal. Pada tahun 1937 masyarakat menyebutnya sebagai "Sachsenring".

Nama balap inilah yang akhirnya dipakai sebagai nama sirkuit Sachsenring. Sirkuit ini dibuka pertama kalinya pada tahun 1996. Dan mulai dipakai untuk menyelenggarakan balap MotoGP sejak 1998. Sebelumnya GP Jerman dilaksanakan di sirkuit Nürburgring.

Sachsenring memiliki panjang lintasan 3.671 meter dengan lebar 10 meter. Memiliki 10 tikungan ke kiri dan 4 tikungan ke kanan. Straight linenya sendiri memiliki panjang 780 meter.

Ini adalah salah satu trek yang memiliki karakter paling low speed dibanding sirkuit lainnya. Namun itu tidak berarti GP Jerman tidak menarik. Sachsenring memiliki aspal yang paling bergelombang di dunia, dengan jalur yang sempit dan "twisty".

Hal ini menyebabkan average speed pembalap menurun. Karakter sirkuit ini mirip roller coaster. Sehingga membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, terutama di tikungan yang sempit. Pemilihan ban akan menjadi sensitif karena banyak tikungan dan harus berdeselarasi di trek ini.

Pembalap paling sukses meraih kemenangan di sirkuit ini adalah Valentino Rossi dengan jumlah kemenangan empat kali sejak musim MotoGP (era 990cc) di mulai. Namun Belakangan ini Dani Pedrosa menjadi pembalap unggulan untuk sirkuit ini.


 Data sirkuit Sachsenring, Jerman
 Nama sirkuit  Sachsenring AG
 Dibuka
 1927
 Mulai digunakan
 1998
 Tanggal balapan
 17 Juli 2011
 Panjang sirkuit
 3.671 meter
 Jumlah tikungan
 14
 Rekor lap tercepat
 1:21:067 detik - Casey Stoner, tahun 2008  
 Pemenang tahun 2010
 Dani Pedrosa - Repsol Honda (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa