Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Mugello, Italia

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 18:17 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit ini memiliki nama asli Autodromo Internazionale del Mugello. Sesuai namanya, lintasan balap ini terletak di daerah Mugello dekat Florence, Italia. Panjangnya 5.245 meter dengan 15 tikungan dan sebuah trek lurus.

Sirkuit ini menjadi penyelenggara MotoGP secara rutin sejak 1991. Tak hanya MotoGP, sirkuit ini juga digunakan untuk balap Italian GP, A1GP, DTM, WSBK, hingga F3. Selain itu Scuderia Ferrari juga menggunakan trek ini untuk test mobil Formula 1 mereka.

Mirip dengan sirkuit Assen di Belanda. Awalnya sirkuit Mugello juga berasal dari event balap jalanan di tahun 1920an. Namun entah apa yang terjadi tahun 1929 balap tersebut sudah tidak ada lagi. Lalu pada tahun 1955, para pecinta balap menghidupkan kembali balap yang disebut GP Mugello ini.

Karena balap menjadi sangat populer di Italia Utara khususnya di Mugello. Namun karena berbagai alasan seperti keamanan dan sebagainya, maka tahun 1973 dibangunlah sirkuit Mugello. Lokasinya 5 km sebelah timur dari sirkuit jalan rayanya. Pembangunan tersebut selesai setahun kemudian.

Walaupun sirkuit ini tergolong "veteran", namun Mugello memiliki berbagai fasilitas modern dan terhitung up to date. Renovasi secara berkala membuat sirkuit ini lebih aman namun semakin menarik untuk balapan. Apalagi dengan kombinasi tikungan cepat dan lambat. Trek berkelok dan sebuah trek lurus yang sangat panjang yaitu 1.141 meter. Menjadikan GP Italia menjadi salah satu balap yang paling ditunggu di ajang MotoGP.

Valentino Rossi pun menjadi pembalap yang memiliki kesuksesan paling banyak di sirkuit ini. Sejak era MotoGP (990cc) dimulai tahun 2002 lalu, total kemenangan yang ditorehkan oleh Rossi di ajang MotoGP Mugello adalah 7 kali. Kemudian disusul oleh Mick Doohan dengan 6 kali kemenangan yang diraih pada era 500cc.


 Data sirkuit Mugello, Italia
 Nama sirkuit  Mugello Circuit
 Dibuka
 1974
 Mulai digunakan
 1976
 Tanggal balapan
 03 Juli 2011
 Panjang sirkuit
 5.245 meter
 Jumlah tikungan
 15
 Rekor lap tercepat
 1:48:130 detik - Valentino Rossi, tahun 2008  
 Pemenang tahun 2010
 Dani Pedrosa - Repsol Honda (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa