Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Assen, Belanda

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 18:20 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Assen yang berada di Belanda, merupakan salah satu tempat penyelenggaraan tertua di ajang balap motor dunia. Lintasan balap Assen telah digunakan sejak tahun 1925 untuk menyelenggarakan Dutch Tourist Trophy Race.

Saat itu Assen masih berupa jalan raya paving blok sepanjang 28.57 km. Melewati desa Borger, Schoonloo dan Grolloo. Penyelenggaranya adalah Motorclub Assen en Omstreken.

Hingga akhirnya pada tahun 1955, dibangunlah sirkuit yang dekat dengan lintasan Assen yang sebelumnya. Dengan ukuran kurang dari sepertiga ukuran aslinya yaitu hanya 7.705 meter. Namun pada tahun 2006, bagian utara trek ini dipotong karena ada rencana pembangunan taman hiburan. Sehingga saat ini panjang lintasannya tinggal 4.555 meter.

Assen tidak memiliki banyak lintasan lurus, straight linenya saja, hanya 560 meter dengan 17 tikungan. Namun sirkuit ini memiliki banyak high speed corner. Inilah sebabnya kenapa banyak pembalap memiliki average speed cukup baik disini.

Banyak pembalap menyatakan, untuk menaklukkan Assen membutuhkan teknik dan reflek yang sempurna. Masuk tikungan dengan baik adalah salah satu aspek paling penting ketika berlomba. Sedikit kesalahan saja memungkinkan pembalap kehilangan keseimbangan dan keluar dari lintasan.


 Data sirkuit Assen, Belanda
 Nama sirkuit  TT Circuit Assen
 Dibuka
 1925
 Mulai digunakan
 1949
 Tanggal balapan
 25 Juni 2011
 Panjang sirkuit
 4.555 meter
 Jumlah tikungan
 17
 Rekor lap tercepat
 1:34:515 detik - Jorge Lorenzo, tahun 2010  
 Pemenang tahun 2010
 Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa