Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rossi : Minimalkan Piranti Elektronis di MotoGP!

Editor - Rabu, 1 September 2010 | 12:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Foto : Yamaha Motor Racing Srl

OTOMOTIFNET - Sejak masuknya era motor 800cc, Valentino Rossi merasakan ada hal yang hilang dari pagelaran MotoGP, yaitu skill pembalap jadi kurang terasah. Pasalnya cukup banyak bantuan sistem elektronik pada motor, yang membuat pembalap tinggal menarik handle gas dalam-dalam.

Hal ini memang terlihat sukup kontras dengan balapan dibawah tahun 2006, dimana piranti elektronik pada motor masih dibatasi. Semua pembalap benar-benar terasah skillnya untuk bertarung. Banyak pembalap yang sliding jika tidak memperhitungkan bukaan gas saat menikung, karena tidak ada yang membantu untuk mengontrol besarnya traksi roda belakang.

“Saya rasa ini adalah masalah yang paling besar di MotoGP dan harus segera diselesaikan. Dulu orang ingin menonton MotoGP, karena memang ini menjadi ajang pembuktian para pembalap yang memiliki skill terbaik. Tapi ketika bantuan sistem elektronik mendominasi di era 800cc, MotoGP rasanya sudah seperti menonton F1 yang cukup membosankan,” kesal Rossi.

Dengan alasan inilah mengapa sang legenda MotoGP itu sangat berharap, agar pada musim 2012 mendatang, ketika regulasi yang baru digulirkan dengan kapasitas mesin motor kembali ke 1.000cc, FIM bisa meminimalisasi bantuan sistem elektronik di MotoGP.

“Saya harap tahun 2012 nanti piranti elektronik di minimalisir, termasuk anti wheelie, dan anti sliding. Orang-orang justru ingin melihat motor-motor itu melakukan wheelie, dan sliding di beberapa areal. Karena kalau pembalap sudah tidak bisa melakukan hal yang sesuai keinginannya, lalu apa bedanya MotoGP dengan mainan mobil remote control?” imbuh Rossi lagi.

Hmm, ada benarnya juga, mengingat MotoGP adalah kelas tertinggi di dunia balap. Seharusnya yang masuk di MotoGP adalah para pembalap yang sudah khatam dengan motor tanpa bantuan alat elektronik yang berlebihan. Apakah usul Rossi yang satu ini bakal didengarkan oleh FIM dan DORNA? Kita tunggu saja nanti.

Penulis : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa