Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dacia Duster Pikes Peak, Pendaki Gunung Rumania

billy - Kamis, 2 Juni 2011 | 11:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Rumania – Anak perusahaan Renault, Dacia memang dikenal sebagai produsen mobil murah. Namun hal itu tak menyurutkan langkah mereka untuk mengikuti kejuaraan reli mendaki gunung, Pikes Peak International Hill Climb 2011 yang akan dilangsungkan di Colorado, Amerika pada 26 Juni nanti.

Tak ingin diremehkan lawan-lawannya, pabrikan asal Rumania ini  menyerahkan varian crossover mereka, Duster pada tuner Tork Engineering yang dibantu Renault Sport Technologies untuk membangun mobil berspek Unlimited Class.

Di kelas yang membebaskan ubahan apapun pada mobil ini, Duster dirancang khusus dengan penggunaan sasis turbular dan perangkat aerodinamika yang ekstrim. Termasuk pemasangan rear wing besar yang bertujuan membelah angin gunung dengan efisien.

Selanjutnya, pada sektor bodi juga diubah dengan bahan komposit ringan. Tak heran dengan modifikasi frontal di sektor bodi ini membuat bobot Duster saat ini hanya 900 kg saja.

Dan salah satu modifikasi paling spesial pada Duster ini ada pada mesin dan penempatannya. Pasalnya, mesin yang dipakai merupakan milik Nissan GT-R berjenis V6 3.800 cc yang dilengkapi transmisi 6-speed dari Sadev. Dapur pacu tersebut telah ditingkatkan tenaganya menjadi 850 dk.

Selain itu, mesin ini juga telah dipindah ke bagian tengah mobil, atau dikenal dengan istilah mid-mounted engine layaknya mobil formula atau supercar sekelas Ferrari dan Lamborghini. 

Pada lomba tahunan tersebut, Duster ini akan dikemudikan oleh juara tiga kali ajang Rally on Ice Trophée Andros, Jean-Philippe Dayraut. Dan nantinya  akaan berhadapan dengan sang juara bertahan, Suzuki SX-4 yang dikebut oleh pereli Jepang, Nobuhiro ‘Monster’ Tajima.

Sebagai catatan, Suzuki SX-4 sempat menjadi jawara dua tahun berturut-turut, setelah di 2009 menghempaskan Ford Fiesta, dan tahun lalu mempecundangi Hyundai Genesis. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa