Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pabrikan China BYD Luncurkan Mesin Revolusioner Ti-DCT

billy - Rabu, 20 April 2011 | 10:28 WIB
No caption
No credit
No caption


Shanghai - Pabrikan mobil China sepertinya tidak selamanya hanya bisa menjiplak. Hal tersebut ditunjukkan pabrikan BYD dengan meluncurkan mesin revolusioner. Sebuah mesin turbocharged, berbahan alumunium alloy. Seperti apa kehandalan mesin ini?

Mesin yang dinamakan Ti-DCT atau singkatan dari Turbo-fuel-stratified, injection Dual-Clutch Transmission, berkapasitas 1.5 liter bensin. Bloknya berbahan alumunium, dan akan dipadankan dengan transmisi kopling ganda 6 speed Tiptronic.

Mesin ini didukung oleh tekanan turbo berlapis, sehingga tidak hanya akan menghasilkan tenaga lebih, tapi juga bakal lebih lembut dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. "BYD telah mengerjakan mesin Ti-DCT selama lebih dari 2 tahun dan memiliki kekayaan intelektual yang mendukung teknologi ini," ujar Stella Li, Senior Vice President BYD.

Mesin Ti-DC T ini dikalim pabrikannya, bisa memproduksi tenaga 1,43 kali lebih banyak dari mesin yang sama atau yang berarti meski hanya berkapasitas 1.5 liter, namun performanya bisa disamakan dengan mesin 2.4 liter. Bahkan, torsi sebesar 240 NM sudah bisa diraih pada putaran 1.750 RPM.

BYD menjadi satu-satunya prpodusen mobil China yang sudah mengembangkan teknologi ini. Mesin terbaru ini akan ditanamkan dibalik kap mesin sedan BYD G6 1.5Ti dan akan ditawarkan sebagai optional pada mobil-mobil BYD seri 3 lainnya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa